27.7 C
New York
Friday, June 28, 2024

Berpusat di Batam, PPIT Kawasan Sumatera Permudah Investor dalam Berinvestasi

Jakarta, MISTAR.ID

Pembangunan Pusat Promosi Investasi Terpadu (PPIT) Kawasan Sumatera akan dipusatkan di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

PPIT itu nantinya akan menjadi center of investment (pusat investasi) bagi para investor untuk datang dan mencari peluang investasi, khususnya di kawasan Sumatera.

Pengembangan PPIT itu dilakukan antara Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan International Business Association (IBA)

Baca juga: Rupiah Melemah Seiring Investor Amati Inflasi Produsen AS

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan, pengembangan PPIT merupakan bentuk dukungan pihaknya mengembangkan kawasan Sumatera melalui kolaborasi antar pemerintah dan swasta.

“Membuka peluang investasi yang aman dan terpercaya, kiranya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan membangun masa depan kawasan Sumatera yang lebih kuat. Kita siap untuk berkolaborasi, berinovasi dan berkontribusi demi tercapainya tujuan bersama ini,” sebutnya di Jakarta, Selasa (6/6/23).

Sementara Direktur Eksekutif APKASI, Sarman Simanjorang menilai, kawasan Sumatera memiliki sumber daya alam yang kaya untuk berinvestasi, baik di sektor kelautan, pertanian, pariwisata, energi, pertambangan dan infrastruktur.

“Kami berkomitmen memfasilitasi kegiatan investasi di daerah, salah satunya dengan membangun PPIT. Ini dapat dimanfaatkan seluruh pemerintah kabupaten di kawasan Sumatera sebagai sarana untuk mempromosikan komoditi dan investasi unggulannya, seperti kelapa sawit, karet, hasil kayu, minyak bumi, timah, bauksit, batubara dan gas alam,” paparnya.

Baca juga: Data Investasi yang Akurat Perkuat Ketahanan Ekonomi

Dikatakan, Sumatera terkenal dengan pengolahan hasil bumi, terutama kelapa sawit yang banyak terkonsentrasi di Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, Riau dan Sumatera Utara.

Menurut dia, PPIT berpusat di Kota Batam karena dekat dengan Singapura. Pasalnya, banyak calon investor di negara itu, sehingga mempermudah mereka mendapatkan informasi peluang investasi di salah satu daerah di kawasan Sumatera.

“Para calon investor ini perlu berkunjung ke daerah jika ingin mendapatkan informasi lebih mengenai peluang investasi daerah itu. Cukup berkunjung ke PPIT sudah bisa mendapatkan data-data yang diinginkan. Bagi para petinggi kabupaten yang ingin menjadi bagian dari PPIT dapat menghubungi APKASI,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Otonomi Daerah Kadin Indonesia ini. (antara/hm16)

Related Articles

Latest Articles