15.3 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Beredar Rumor Data Paspor 34 Juta WNI Bocor dan Diperjualbelikan, Dirjen Imigrasi: Hoax

Jakarta, MISTAR.ID

Rumor dugaan kebocoran data paspor 34 juta WNI beredar luas di media sosial. Data diduda diperjualbelikan. Berkaitan dengan itu, tim dari Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian (SISTIK) dan Direktorat Intelijen Keimigrasian, berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), melakukan penyelidikan.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI Silmy Karim mengatakan, berdasarkan penyelidikan itu, data biometrik (sidik jari dan wajah) pemegang paspor Indonesia aman dan tidak ada kebocoran informasi dari database imigrasi. Data yang diduga bocor adalah data teks.

Menurutnya, tidak ada data biometrik paspor Indonesia yang bocor, semua aman. Hal ini sesuai dengan kesimpulan dari hasil investigasi. Semua hoax.

Baca juga: Imigrasi Pastikan Data Biometrik Paspor Masyarakat Tidak Bocor

“Ditjen Imigrasi sedang mengimplementasikan ISO 270001-2022. Sertifikat ISO akan diterbitkan pada Juli 2023. Ditjen Imigrasi terus meningkatkan keamanan data yang dimilikinya,” ujar Karim, Rabu (12/7/23).

ISO 270001-2022 adalah standar sistem manajemen keamanan informasi yang menyediakan daftar persyaratan kepatuhan yang dapat disertifikasi oleh organisasi dan profesional. Standar ISO membantu organisasi mengembangkan, menerapkan, memelihara, dan meningkatkan sistem manajemen keselamatan informasi (ISMS).

Baca juga: Cegah TPPO, Ditjen Imigrasi Tunda Pemberangkatan 10.138 WNI

Data paspor WNI disimpan di Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika. Direktorat Jenderal Imigrasi berkoordinasi dengan Kemenkominfo dan BSSN untuk menjaga dan meningkatkan keamanan database keimigrasian.

Seturut dengan keamanan data base di Imigrasi, Karim pun dengan tegas meminta warga agar tidak kuatir memberikan data pribadi untuk keperluan pembuatan paspor.(antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles