17.6 C
New York
Friday, May 17, 2024

Bawa Misi Kerjasama, Ma’ruf Amin Kunker ke Uzbekistan

Jakarta, MISTAR.ID

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin bersama istri Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas bertolak menuju Uzbekistan, Senin (12/6/23) melakukan kunjungan kerja (kunker) dengan membawa misi kerjasama.

Wapres dan rombongan bertolak dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 10.00 WIB menuju Bandara Internasional Islam Karimov Tashkent, Uzbekistan dengan menumpangi pesawat Chartered Flight Garuda Indonesia-2 Airbus 330.

Diperkirakan Wapres beserta rombongan akan menempuh penerbangan selama 10 jam 15 menit dan tiba di Tashkent, Uzbekistan pukul 18.15 Waktu Setempat kemudian langsung menuju hotel tempat bermalam.

Juru bicara Wapres, Masduki Baidlowi menyampaikan agenda kunker Wakil Presiden selama di Uzbekistan antara lain mengunjungi Kota Tashkent dan Samarkand. “Membawa misi meningkatkan kerjasama kedua negara,” ujarnya.

Baca juga : Iriana Jokowi dan Wury Ma’ruf Amin Hadiri HUT Dekranas dan HKG PKK di Medan, Polda Sumut dan Forkopimda Gelar Pasukan

Indonesia sendiri, lanjutnya, memiliki kepentingan ekspor, terutama yang berhubungan dengan minyak kelapa sawit dan turunannya serta yang lainnya.

“Selain memperkuat hubungan kerja sama kedua negara, kunjungan Wapres ke Uzbekistan dilandasi alasan negara tersebut memiliki latar belakang historis dan peradaban,” jelasnya.

Wapres juga diagendakan menghadiri Dialog Kebangsaan Indonesia, melakukan audiensi dengan pelaku usaha industri halal Uzbekistan, hingga bertemu Perdana Menteri Uzbekistan Abdulla Aripov.

Selain itu, menerima kunjungan kehormatan Gubernur Kota Samarkand Turdimov Erkinjon Aqbotayevich serta menilik peradaban Islam di sana.

Baca juga : Ketum Dekranas Wury Ma’ruf Amin soroti berkurangnya perajin di HUT-43

“Ada beberapa agenda penting juga, di antaranya adalah peningkatan kerjasama terutama di bidang ekonomi karena ada informasi terakhir. Uzbekistan itu ingin membuka hubungan yang terkait dengan transportasi udara langsung dari Uzbekistan ke Jakarta,” sebut Masduki.

Untuk diketahui, Uzbekistan merupakan negara yang memiliki sejarah panjang dalam bidang intelektual yang berhubungan dengan ilmu-ilmu keagamaan khususnya keislaman dan sains.

Di sana Wapres juga direncanakan menilik rekam jejak peradaban Islam di Islamic Civilization Center, hingga berziarah ke makam ahli hadits Imam Bukhari.

“Akan ada pula pembicaraan tentang pembukaan wisata religi antar kedua negara,” tuturnya.

Wapres akan berada di Uzbekistan selama sekurangnya 5 hari, sejak 12-16 Juni 2023, sebelum bertolak kembali ke Tanah Air dan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang Banten, Sabtu 17 Juni 2023. (antara/hm18)

Related Articles

Latest Articles