9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

3 Orang Saksi Kembali Diperiksa Polisi Terkait Dugaan Pemerasan Oleh Ketua KPK

Jakarta, MISTAR.ID

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya kembali memeriksa tiga orang saksi pagi ini, Senin (23/10/23), dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

“Rencana ada tiga orang saksi yang akan diperiksa pagi ini,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak.

Salah satu dari ketiga saksi adalah seorang ajudan eselon satu di lingkungan Kementerian Pertanian.

“Sebelumnya ajudan tersebut sudah dijadwalkan diperiksa. Namun tidak menghadiri panggilan penyidik,” kata Ade lagi.

Baca juga: Dugaan Mentan Diperas Pimpinan KPK, SYL Sudah 3 Kali Periksa Polda Metro

Lebih rinci, Ade tidak menyebutkan siapa nama ketiga saksi tersebut. Dia hanya memastikan bahwa setiap orang yang dipanggil akan mendalami kasus tersebut. Sejauh ini, sudah ada 52 saksi yang telah diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya.

“Adapun para saksi yang telah diperiksa dalam proses penyidikan melibatkan berbagai pihak, termasuk mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, pegawai KPK, pejabat Kementerian Pertanian, serta individu lainnya,” bebernya.

Kemudian, Polda Metro Jaya telah mengagendakan pemeriksaan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri dan seorang staf dari Kementerian Kesehatan RI, Selasa besok (24/10/23).

Baca juga: Soal Dugaan Pemerasan Mantan Mentan, Eks Pegawai KPK Desak Firli Bahuri Lepaskan Jabatan

Kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK ini memasuki tahap penyidikan setelah gelar perkara pada tanggal 6 Oktober 2023 lalu. Polda Metro Jaya telah mengeluarkan surat perintah penyidikan untuk mengumpulkan bukti yang dibutuhkan dalam upaya penetapan tersangka. (berbagai sumber/hm20)

Related Articles

Latest Articles