12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Warga Medan Denai Serahkan Monyet Ekor Panjang ke BKSDA Sumut

Medan, MISTAR.ID

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) menerima Monyet Ekor Panjang (Macaca Fascicularis) hasil penyerahan Nurul Lubis warga Jalan Denai Gang Rukun, Kelurahan Tegal Sari, Kecamatan Medan Denai.

Kepala Subbag Data, Evlap dan Kehumasan BKSDA Sumut Andoko Hidayat mengatakan, penyerahan itu berawal setelah Nurul khawatir Monyet Ekor Panjang yang dipeliharanya berubah perilaku menjadi ganas.

“Khawatir akan mengganggu dan melukai, Nurul kemudian berniat untuk menyerahkan satwa tersebut,” ujar Andoko, Senin (17/4/23).

Baca juga: BKSDA Sumut Evakuasi 3 Individu Kura-kura Baning Coklat dari Rumah Warga

Setelah mencari dan berhasil menemukan, Nurul kemudian menghubungi nomor call center BKSDA Sumut. Nurul selanjutnya menyambangi kantor BKSDA Sumut, Sabtu (15/4/23), dan menyerahkan satwa tersebut kepada petugas.

“Usai diterima, Monyet Ekor Panjang itu dititipkan di kandang satwa Seksi Konservasi Wilayah II Stabat untuk mendapat perawatan dan rehabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan ke habitatnya,” sebutnya.

Andoko mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memelihara satwa liar, apalagi yang memiliki perilaku ganas. Sebab, bila satwa tersebut sudah besar dapat menimbulkan masalah, seperti melukai dan mencederai baik pemilik maupun warga lainnya. “Oleh karena itu, biarkan satwa liar tersebut hidup dan berkembang biak di habitat alaminya,” pinta Andoko. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles