Wali Kota Medan Ungkap Dua Kunci Utama Perbaikan Layanan Publik


Wali Kota Medan, Rico Waas dalam kegiatan diskusi publik di MPP Medan, Kamis (22/5/2025). (f: ist/mistar)
Medan, MISTAR.ID
Wali Kota Medan, Rico Tri Putra Bayu Waas, menyampaikan dua faktor utama yang menjadi kunci peningkatan kualitas pelayanan publik. Dua faktor yang dimaksud adalah yakni sistem dan karakter.
“Ada juga sistem terintegrasi dengan berbagai jajaran lain, yakni sistem yang dibangun dengan teknologi komunikasi dan sistem yang ditetapkan pimpinan untuk memastikan pekerjaan berjalan efektif dan efisien,” kat Rico saat membuka Diskusi Publik ‘Optimalisasi Pelayanan Publik yang Terintegrasi di Jajaran Kota Medan’ di Mal Pelayanan Publik (MPP) Medan, Kamis (22/5/2025).
Sistem juga tergantung pada karakter pelaku. Sistem yang sudah baik ini tidak akan efektif jika pelakunya tidak bekerja dengan baik.
“Dengan sistem yang terintegrasi, melayani masyarakat dengan hati. Dengan begitu, masyarakat akan bisa merasakan pelayanan publik yang baik,” ucapnya.
Masih kata Rico, “intinya, sistem dan manusianya harus benar-benar melayani dengan hati. Kita sebagai pelayan masyarakat harus bisa menyikapi keluhan masyarakat,” pesan Rico.
Rico berpesan kepada pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Medan agar tidak sekadar menyediakan ruang. Tetapi, harus membuat masyarakat merasakan pelayanan yang baik.
“Di sini ada gerai Pelayanan Ruang Satu Atap Perlindungan Anak di MPP Medan, saya apresiasi itu. Namun saya berharap pelayanan ini terus di-upgrade untuk bisa mengatasi berbagai permasalahan yang merundung anak,” tuturnya. (rahmad/hm20)