21.9 C
New York
Friday, September 27, 2024

UPTD Taman Budaya Dukung Pegiat Seni di Sumut Lestarikan Budaya Lokal

Medan, MISTAR.ID

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengaku siap mendukung, dan memfasilitasi pegiat seni dalam melestarikan budaya Sumut.

Kepala Seksi Pembinaan dan Pelatihan Seni UPTD Taman Budaya Sumut, Erika Veronika Laoly, mengatakan Pagelaran Seni Budaya Sumut bagian penting dalam pelestarian budaya lokal.

“Kegiatan Pagelaran Seni dan Budaya Sumut, merupakan bagian yang sangat penting untuk kita laksanakan. Ini sebagai upaya membangkitkan dan memotivasi semangat para seniman dalam meningkatkan hasil karyanya,” katanya.

Baca juga: Pagelaran Budaya Etnis Sumut, Ajak Generasi Muda Cintai Budaya Sendiri

Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, UPTD Taman Budaya, sambung Erika, berkomitmen dan bertekad untuk mengembangkan, serta melestarikan seni dan budaya yang ada di Sumut. Hal ini dimaksudkan untuk menghadapi era globalisasi yang berpotensi mengikis kebudayaan asli etnis Sumut.

Erika juga mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi tempat latihan bagi para seniman.

“Kita akan selalu memfasilitasi dengan dukungan tempat latihan di sini (Gedung Keong) khususnya yang terdekat dulu seperti di Kota Medan,” katanya saat ditemui di Gedung Keong Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Jalan Jenderal Gatot Subroto KM 5, Sei Sikambing, Medan Helvetia.

Ia mengungkapkan, banyak daerah yang menginginkan kegiatan Pagelaran Budaya Etnis Sumut, namun mengalami keterbatasan dalam anggaran.

Baca juga: Festival Seni Budaya Temu Tengah akan Jadi Agenda Rutin Dinas Pariwisata Siantar

“Maka, semampu kita, Pagelaran Budaya Etnik Sumut itu, kita manfaatkan seefisien mungkin dengan melibatkan sanggar-sanggar yang ada di sekitar Kota Medan dahulu,” tuturnya.

Kepala Seksi Tata Usaha, Terbit Tarigan yang turut hadir menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan dan memotivasi para pegiat seniman

“Semoga dapat membangkitkan, memotivasi para seniman dan pegiat seni. Agar bisa memberikan dan lebih semangat untuk mengekspresikan hasil-hasil karyanya untuk ditampilkan,” ujarnya.

Terbit juga berharap agar Pagelaran Budaya Etnis Sumut ini tetap terjaga dan lestari.

“Melalui kegiatan ini, kami berusaha memberikan motivasi kepada para seniman. Agar Sumut dalam seni budayanya tetap terjaga dan lestari,” pungkasnya. (berry/hm17)

Related Articles

Latest Articles