18.2 C
New York
Thursday, September 26, 2024

UMSU Press Raih Penghargaan SSKCKR dari Perpusnas RI

Medan, MISTAR.ID

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melalui Unit Penerbitan UMSU Press berhasil meraih penghargaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). Penghargaan ini diberikan dalam acara Pekan Penghargaan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR) tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Auditorium Lantai 2, Gedung Layanan Jasa dan Informasi Perpustakaan Nasional RI, Jalan Merdeka Selatan No 11, Gambir, Jakarta Pusat, pada Kamis, (19/9/24).

Penghargaan untuk Kategori Penerbit Perguruan Tinggi ini diterima oleh Dr. Muhammad Arifin. Selain UMSU Press, penghargaan serupa juga diterima oleh UB Press dari Universitas Brawijaya dan Penerbit LPPM UPN Veteran Yogyakarta.

Mariana Ginting, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, memberikan apresiasi tinggi kepada UMSU Press. Ia menekankan pentingnya komitmen untuk terus menghasilkan karya-karya baru yang dapat meningkatkan literasi bangsa. Tema tahun ini, ‘Melangkah Bersama Membangun Kreativitas Anak Bangsa’.

Baca juga:UMSU Lepas 21 Mahasiswa ke PON Aceh-Sumut 2024

Mariana menjelaskan bahwa pelaksanaan SSKCKR adalah proses penyerahan karya dari berbagai pihak, termasuk penerbit, produsen karya rekam, lembaga negara, kementerian, lembaga pemerintah, dewan perwakilan rakyat, dan perguruan tinggi. Karya-karya ini kemudian dikelola sesuai standar oleh Perpustakaan Nasional RI dan perpustakaan provinsi.

“Kegiatan ini guna menyelamatkan, dan melestarikan seluruh karya anak bangsa dan hasil budaya bangsa, pada praktik pelaksanaannya didasari oleh Undang-Undang Nomor 13 tahun 2018, tentang SSKCKR,” katanya dalam keterangan yang diterima Mistar.id, Kamis (19/9/24).

Menurut Mariana, acara tahunan ini mendorong penulis untuk menghasilkan karya yang relevan dengan konteks sosial dan budaya saat ini, sebagai upaya meneruskan warisan intelektual. Penulis memiliki tanggung jawab untuk menulis karya berkualitas tinggi yang dapat diakses oleh masyarakat. Sementara itu, penerbit memainkan peran penting dalam menyebarluaskan karya penulis, memastikan bahwa karya tersebut diterima dan dilestarikan dalam bentuk yang berkualitas.

Baca juga:Mahasiswa UMSU Ciptakan Alat Komunikasi Digital Bagi Tuna Rungu Wicara

Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, mengapresiasi prestasi yang diraih UMSU Press dan berharap agar penerbitan ini terus meningkatkan kinerja dan kualitas produk yang dihasilkan.

Kepala UMSU Press, Dr. Muhammad Arifin, menyatakan bahwa penghargaan ini diberikan berdasarkan kepatuhan UMSU Press dalam menyerahkan karya ke Perpusnas sepanjang tahun 2023.

“Penghargaan ini tidak terlepas dari dukungan besar pimpinan di UMSU serta kerja sama tim yang luar biasa untuk memperbaiki kekurangan sebelumnya dan terus berkomitmen untuk maju,” ujarnya.

“Akhirnya, berkat kerja keras dan kesungguhan dalam mengelola penerbitan perguruan tinggi mendapat pengakuan dan penghargaan yang tentunya ini menjadi pemicu UMSU Press terus berkarya dan menghasilkan buku-buku yang relevan, berkualitas dan bisa diakses melalui berbagai marketplace maupun secara digital,” sambungnya. (susan/hm17)

Related Articles

Latest Articles