6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

UMKM Bisa Urus Nomor Induk Berusaha di PRSU, Ini Syaratnya

Medan, MISTAR.ID

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menawarkan pelayanan usaha gratis, konsultasi bisnis dan penerbitan izin usaha seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada para UMKM.

“Kami juga memberikan pendampingan legalitas usaha seperti izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT), Label Halal, HAKI dan sebagainya,” kata Kasi Pelayanan Usaha di UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi Provinsi Sumut, Donda Chrys Sary Samosir saat dijumpai di Stand PRSU, Kamis (22/6/23).

Perempuan yang disapa Sary Samosir ini menuturkan untuk melakukan pengurusan ini cukup dengan syarat yang mudah yakni memiliki usaha.

Baca juga : Stan PON XXI di PRSU Sajikan Ragam Aktivitas, Agar Pengunjung Tahu Perkembangan PON 2024

“Selanjutnya bisa melampirkan NIK, nomor handphone dan juga email. Hanya itu saja,” sebut Sary.

Selanjutnya, setelah data ini diberikan kepada penyuluh UMKM akan memberikan beberapa syarat data untuk diisi pada UMKM langsung secara online melalui Sistem Online Single Submission (OSS).

Setelah itu, para UMKM yang mendaftar akan mendapat email dari OSS tersebut diberikan username dan password. Setelahnya baru bisa login ke OSS.

Baca juga : PRSU ke-49 Tahun, Ada Program Sumbang Sampah Tukar Mie di Stand Dinas LHK Sumut

“Dan, ini memang khusus mereka yang sudah memiliki usaha. Supaya tidak menyalahgunakan legalitas dan jangan sampai salah dalam hal penempatan legalitas. Karena saat banyak orang melegalkan segala macam bentuk izin-izin yang belum tentu sah,” ujarnya.

Untuk bisa mendaftar NIB ini diberikan pada semua jenis usaha baik perdagangan, perikanan, peternakan atau perkebunan. Lalu untuk industri atau untuk handycraft untuk kuliner, fashion, obat-obatan herbal atau kosmetik.

“Proses mendaftar ini enggak lama gak sampai memakan waktu setengah jam. Kita hanya perlu meminta UMKM mengisi data-data persyaratan yang telah ditentukan,” terangnya.

Baca juga : Produk Unggulan Pelajar SMK Ramaikan Stand Pameran di PRSU

Selain memberikan penawaran tersebut, di Stand milik Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumut juga mempromosikan produk unggul Sumut ada fashion, makanan, handycraft kemudian wastra.

“Produk yang paling lokal kita ada sambal andaliman. Ada yang campur teri dan ada yang cumi. Kita tahu andaliman ini bahan yang sering dipakai masyarakat batak. Biasanya untuk masak daging atau ikan mas arsik. Rasanya pedas pedas getir tapi enak. Disini kita pamerkan yang buatan asal Deli Serdang kita juga sering jadikan sambal.m andaliman ini untuk souvenir tamu bapak gubernur dan bapak wakil gubernur dan lainnya,” ucapnya. (anita/hm18)

Related Articles

Latest Articles