15 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Transformasi Layanan Kesehatan Primer Jadi Fokus Dinkes Sumut

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Sumatera Utara (Provsu), dr Alwi Mujahit Hasibuan, M.Kes mengatakan Sumut akan lebih fokus pada transformasi layanan kesehatan primer sesuai moto Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59.

Diharapkan dengan melakukan transformasi kesehatan, semua pihak bisa lebih siap dan  lebih mampu membawa Indonesia menjadi negara yang lebih sehat. Menurutnya, bila Indonesia lebih sehat tentunya akan lebih maju.

“Ada enam transformasi yang harus dilakukan, kalau untuk di Sumut semuanya sebenarnya kita upayakan. Tapi, paling berat itu tentunya transformasi untuk kesehatan primer atau program Integrasi layanan Primer (ILP). Karena itu merubah mindset dari layanan kesehatan yang berbasis pengobatan menjadi basis promotif dan preventif,” jelas Alwi pada puncak HKN ke-59 yang digelar di Eks Medan Club, Minggu (19/11/23).

Baca juga: HKN Ke-59, Bupati Toba Sampaikan Pesan Menkes Tentang Transformasi Kesehatan

Sambung Alwi, kenapa harus dirubah mindset? Karena itu lebih murah dan lebih tepat. Juga diharapkan mampu mendorong kemajuan yang lebih besar.

“Karena ini menyangkut perilaku. Kalau perilaku kesehatannya baik, maka semua akan lebih baik,” jelas Alwi.

Untuk merubah perilaku masyarakat, disebutkan Alwi bukan pekerjaan mudah. Namun, bila berhasil merubah hal itu maka ia sangat yakin kemajuan bidang kesehatan akan sangat cepat.

“Tentunya harus melakukan kerjasama dengan semua pihak. Salah satunya masyarakat yang nanti bisa ikut bersama memberikan pelayanan promotif dan preventif,” sebutnya.

Baca juga: Sambut HKN ke-59, RSU Haji Medan Gelar Pengabdian Masyarakat

Dalam perayaan HKN ini juga sebagai refleksi terhadap apa yang telah dilakukan selama ini dan untuk menyemangati seluruh komponen mampu bekerja lebih optimal, sehingga bisa membawa Indonesia lebih maju khususnya di Sumut.

“Alhamdulillah hari ini semua komponen hadir dan lebih beragam dari tahun lalu,” terangnya.

Seperti diketahui, ada 6 pilar transformasi kesehatan yakni pilar layanan primer, pilar layanan transformasi rujukan. Kemudian, pilar layanan transformasi sistem layanan ketahanan kesehatan, pilar layanan transformasi pembiayaan kesehatan, pilar layanan transformasi sumber daya manusia kesehatan, pilar layanan transfirmasi teknologi kesehatan. (Anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles