19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Tolak Bantuan Pemerintah, BPBD Lakukan Pendekatan Pada Korban Angin Puting Beliung

Medan, MISTAR.ID

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menanggapi biasa adanya korban angin puting beliung mengembalikan bantuan yang diberikan pemerintah,  bahwa dinamika tersebut merupakan hal yang lumrah.

Meski begitu, Kepala BPBD Medan M Husni mengatakan pihaknya bersama pihak kecamatan dan kelurahan akan terus melakukan pendekatan dan penjelasan pada masyarakat yang menjadi korban bencana alam tersebut.

“Bantuan yang kita berikan saat ini sebagai bentuk kehadiran pemerintah pasca bencana tersebut. Kita memaklumi apa yang dilakukan korban tersebut. Namun, bantuan yang kita berikan berkelanjutan, bukan hanya yang diberikan saat ini saja,” ucap M Husni, Kamis (31/3/22) siang.

Baca juga:Bantuan Sosial Asistensi Rehabilitasi Sosial Disalurkan di Samosir

Dikatakan Husni, bahwa kini pihaknya bersama Muspika Medan Denai masih terus melakukan pemetaan di lokasi, guna menyalurkan sisa bantuan yang sudah disiapkan. Total korban angin puting beliung ada 54 KK, dan masing-masing rumah berbeda kerusakan.

Husni mengungkapkan, bantuan berupa 4 batang kayu dan beberapa lembar seng yang diberikan merupakan bentuk tanggap darurat pemerintah. Oleh sebab itu, dirinya berharap para korban dapat bersabar.

“Ini bencana yang kita tidak bisa menghindarinya. Yang pasti, pemerintah peka dengan apa yang dirasakan korban. Setelah dilakukan pemetaan, kita bersama instansi terkait akan menyalurkan bantuan kembali. Jadi semua tidak bisa instan, semua ada prosesnya,” katanya.

Saat disinggung adakah korban lain yang memulangkan bantuan tersebut, Husni pun mengaku alat ini hanya 1 orang saja. Meski begitu, pihaknya akan tetap melakukan pendekatan dan memberi penjelasan terhadap korban.

Baca juga:Angin Puting Beliung Terjang Rumah Warga di Desa Mariah Padang

“Masyarakat juga harus paham, kita tidak bisa langsung membangun atau memperbaiki rumah yang rusak tersebut. Apalagi korbannya ada 54 KK bukan 1 KK. Untuk korban yang memulangkan bantuan, kita tetap akan memberikan bantuan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Ridwan salah seorang korban bencana angin puting beliung memulangkan bantuan berupa 4 batang kayu dan seng yang diberikan pemerintah.

Ia kecewa lantaran bantuan tersebut dianggap belum bisa memperbaiki rumahnya yang rusak pasca kejadian. Saat ini, Ridwan pun diketahui mengungsi ke rumah saudaranya, sembari memperbaiki kediamannya. (rahmad/hm06)

Related Articles

Latest Articles