16 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Teken MoU dengan BRI serta PT Pegadaian dan PNM, Bobby Nasution: Bantu UMKM Istri Nelayan

Medan, MISTAR.ID

Berbagai usaha terus dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam memajukan serta mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Termasuk menjadikan Pemko Medan sebagai market pelaku UMKM.

Terbaru, Bobby menandatangani kesepakatan bersama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) tentang Pembinaan dan Pengembangan UMKM Kota Medan di Heritage Grand City Hall, Kamis (24/2/22).

Adapun kerja sama Pemko Medan dengan Bank BRI dan PT Pegadaian meliputi pengembangan ultra mikro, penyaluran produk ultra mikro dan mikro, serta investasi tabungan emas pegadaian. Sedangkan ruang lingkup kesepakatan dengan PT PNM meliputi pembiayaan, pendampingan, pengembangan pelaku usaha Ultra Mikro (UMI) dan Mikro, pemberdayaan wanita keluarga pra-sejahtera, dan implementasi hasil pengembangan usaha UMI dan Mikro dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Kota Medan.

Baca Juga:40 UMKM Lokal Ikut Pekan Kuliner Kondang UMKM Medan

Dalam kesempatan tersebut, Bobby Nasution mengingatkan Dinas Koperasi dan UKM Medan agar segera menindaklanjuti kesepakatan bersama yang telah terjalin ini. “Hari ini Pak Kadis Koperasi UKM telah dibantu BUMN. Jangan pula saya dengar Dinas Koperasi UKM yang tidak semangat, sementara BUMN sudah begitu bersemangat membantu peningkatan UMKM di Medan. Jalankan dengan baik program yang telah kita sampaikan dan canangkan,” pesan Bobby.

Dikatakan Bobby, ada dua hal yang harus dilakukan Dinas Koperasi UKM, yakni meningkatkan pendapatan pelaku UMKM yang sudah ada, sekaligus membuka lapangan pekerjaan dan melahirkan pelaku-pelaku usaha baru. “Dinas Koperasi UKM juga harus membuat program pembinaan UMKM untuk istri-istri nelayan. Saya minta Maret ini, kita bersama BUMN meluncurkan program untuk membina, membantu UMKM para istri nelayan tersebut,” tegas Bobby Nasution.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Administrasi Umum Renward Parapat, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Zulkarnain Lubis, Kepala Dinas Koperasi UKM Benny Iskandar Nasution dan Kabag Kerjasama Setdako Medan Ummy Wahyuni itu.(rahmad/hm15)

Related Articles

Latest Articles