19.4 C
New York
Tuesday, August 13, 2024

Sukseskan PON, Disdik Sumut Libatkan Puluhan Ribu Pelajar Sebagai Volunteer

Medan, MISTAR.ID

Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melibatkan puluhan ribu siswa-siswi sebagai relawan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) SMA Disdik Sumut, M Basir Hasibuan mengatakan sudah ada puluhan ribu pelajar yang mendaftar sebagai relawan.

“Iya kalau tidak salah sudah ada 50 ribu lebih siswa-siswi kita yang mendaftar volunteer, itu data seminggu yang lalu. Kalau sekarang belum tahu,” ujarnya kepada mistar.id, Selasa (13/8/24) siang.

Baca juga:Tim Sepakbola Putra Sumut Optimis Tatap Grup B PON XXI 2024

“Iya itu se-Sumut, karena kita juga harus jadi relawan, kan mau pecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Jadi kita memang libatkan,” sambungnya.

Basir mengatakan, Disdik Sumut akan terus mendukung penyelenggaraan PON XXI 2024. Dirinya pun menyebut, pelajar yang menjadi relawan menjadi bukti antusiasnya seluruh elemen terhadap ajang olahraga multievent nasional tersebut.

Kan relawan ini bukan hanya yang diikutkan di pelaksanaan PON secara langsung. Relawan banyak maknanya, ada yang jadi duta, ikut menyemarakkan, seminggu yang lalu di data bapak (Kadis) sudah 50 ribu lebih, tapi kalau data pastinya bang August (Kacabdisdik) yang tahu. Karena dia yang sering diamanahkan pak Kadis rapat-rapat PON ini,” tuturnya.

Baca juga:21 Atlet dan Pelatih Tapsel Masuk Pelatda PON XXI 2024

Sementara itu Kepala Cabang (Kacab) Disdik Sumut Wilayah I, August Sinaga mengatakan, mayoritas pelajar mendaftar sebagai green volunteer. Meski begitu, August menegaskan hal tersebut tidak akan mengganggu proses belajar siswa-siswi.

“Kalau untuk data pelajar yang menjadi relawan adalah green volunteer,” ungkapnya.

“Bukan ke lapangan namun tetap menjalankan aktivitas seperti biasa, misalnya guru tetap mengajar hanya diberi pin dan sertifikat serta terdaftar di sistem. Tugasnya menyampaikan kegiatan-kegiatan PON baik di sekolah maupun di tengah masyarakat, dan menyampaikan salam PON dan lainnya,” pungkasnya. (iqbal/hm16)

Related Articles

Latest Articles