6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

SSE UM PTKIN di Buka Mei 2024, Ini Jadwal dan Biayanya

Medan, MISTAR.ID

Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) pendaftarannya akan dimulai pada 6 Mei-15 Juni 2024.

Sub Koordinator Humas dan Informasi UINSU, Yunni Salma menerangkan uji coba UM PTKIN dengan sistem sistem seleksi elektronik (SSE) akan dilaksanakan pada 21-22 Juni mendatang.

“Kemudian pelaksanaan UM PTKIN 2024 pada 24-27 Juni dan 1-4 Juli 2024. Sementara untuk pengumuman jalur ini pada 17 Juli mendatang, disusul dengan tahap registrasi ulang di PTKIN masing-masing nantinya mengikuti jadwal yang ditentukan tiap kampus,” jelasnya, Senin (29/1/24)

Persyaratan lainnya, Yunni menjelaskan peserta jalur UM yakni siswa SMA/MA/ SMK/pesantren lulusan 2022, 2023 dan 2024. Untuk angkatan 2022 dan 2023 wajib memiliki ijazah atau surat keterangan lulus. Sementara, lulusan 2024 wajib punya SKL, pengumuman lulus, KTP atau kartu pelajar.

Baca juga:Hasil Japan Masters 2023: Rinov/Pitha Lewati Ujian Pertama

“Pada UM PTKIN 2024 ini tidak ada kelompok ujian dan pelaksanaan ujian dilaksanakan di PTKIN yang dipilih atau on site,” ujarnya.

Untuk tahapan seleksi jalur ini yakni dimulai registrasi peserta melalui laman um.ptkin.ac.id untuk mendapatkan invoice pembayaran registrasi. Tahap dua, membayar biaya pendaftaran melalui bank yang ditetapkan sebesar Rp200 ribu. Materi ujian pada jalur UM PTKIN, jelas Yunni, meliputi kompetensi penalaran matematika, penalaran akademik, literasi membaca dan literasi ajaran Islam.

“Lalu tahap tiga, melanjutkan pendaftaran dengan memilih kampus dan program studi serta memilih titik lokasi ujian. Tahap empat mencetak kartu peserta dan terakhir yaitu mengikuti pelaksanaan ujian SSE UM PTKIN 2024 sesuai dengan jadwal dan tempat yang tertera pada kartu ujian dimiliki peserta,” terangnya.

Dalam hal ini, ada ratusan lokasi ujian seluruh Indonesia dan UINSU Medan akan menyediakan sejumlah lokasi ujian di kampus-kampus UINSU yang berada di Medan dan sekitarnya. Pada jalur ini juga tersedia sebanyak 42 program studi jenjang S-1 tersebar di delapan fakultas yakni FITK, FDK, FUSI, FSH, FEBI, FIS, FST dan FKM. Inovasi pada pelaksanaan UM PTKIN tahun ini yakni adanya aplikasi ujian ramah difabel, tersedia virtual helpdesk dan sistem ujian terintegrasi dengan PMB PTKIN dan Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB).

“Sejalan tema PMB tahun ini, yakni Start to be smart, maka diharapkan dengan seleksi calon mahasiswa ini didapat generasi muda yang intelektual, bersosial, cakap emosional dan spiritual,” tandasnya.

Baca juga:8.555 Mahasiswa Baru Unimed Diterima Melalui Seleksi Ketat

Yunni menyampaikan, UIN SU menurut UniRank kini menempati peringkat kesembilan nasional sebagai kampus Islam terbaik di Indonesia.

Selain itu, pada tahun lalu, khususnya dalam jalur UM PTKIN 2023, UIN SU Medan menempati posisi keenam sebagai kampus yang paling diminati seluruh Indonesia. Sebagai tanda kampus yang terus berkembang meningkatkan kualitas akademik dan pelayanannya.

“Untuk melanjutkan studi perguruan tinggi yang baik dengan nilai-nilai moderasi, unggul dan relevan dengan perkembangan zaman saat iniTerkait itu, kami mengajak seluruh masyarakat khususnya para pelajar di berbagai penjuru Indonesia, agar tertarik dan mau bergabung dengan UIN SU sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam terpercaya,” urai Yunni. (dinda/hm18)

 

Related Articles

Latest Articles