-1.7 C
New York
Sunday, February 25, 2024

Sebagai Perintis Kemerdekaan, Veteran Wajib Dihormati dan Dihargai

Toba, MISTAR.ID

Sebagai pejuang perintis kemerdekaan, Veteran yang tergabung dalam wadah Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) wajib kita hormati dan hargai, sebab tanpa perjuangan mereka kedaulatan dan kemerdekan tak akan pernah kita rasakan.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Toba Effendi SP Napitupulu, saat menyampaikan sambutan pada acara ramah tamah dengan keluarga besar LVRI Kabupaten Toba yang digelar Pemkab Toba di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, Senin (16/8/21).

“Kedaulatan dan kemerdekaan negara Indonesia tidaklah mudah diperoleh, namun membutuhkan perjuangan para veteran, yang mengorbankan jiwa dan raga serta tenaga, oleh karenanya mari menghormati dan menghargai mereka sesuai dengan wujud cita-cita murni mereka yakni mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera,” ujar Effendi yang juga dikenal sebagai cucu seorang veteran.

Baca Juga: Pemkab Toba Terima 5 Ribu Vial Vaksin Sinovac

Hal senada disampaikan Bupati Toba, Poltak Sitorus. Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, kita kata bupati, tidak dapat mengundang seluruh keluarga besar Veteran Toba, namun hal itu tidak mengurangi untuk memberi penghormatan kepada para orangtua kita yang telah berjuang merintis kemerdekaan.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan dan para pendahulu pendiri bangsa, oleh karenanya marilah mengisi kemerdekaan itu melalui kontribusi pembagunan di berbagai sektor. Inilah yang dicita-citakan para pendahulu bangsa ini,” tegas Poltak Sitorus.

“Dirgahayu HUT RI ke 76, kiranya para kusuma bangsa mendapat tempat yang layak oleh Tuhan Yang Maha Esa,” sambung Poltak Sitorus.

Baca Juga: Bupati Toba Lantik 3 Pejabat Tinggi Pratama

Pada kesempatan itu, Ketua LVRI Kabupaten Toba Paimin Tambunan mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemkab Toba dengan digelarnya acara ramah tamah itu.

“Pada jaman penjajahan kolonial, anak bangsa dihadapkan pada pengorbanan jiwa raga dalam mengusir penjajah, hingga memperoleh kedaulatan bangsa dengan kemerdekaan penuh. Kita tidak boleh lupa dengan sejarah, cita-cita para pahlawan perintis kemerdekaan adalah murni panggilan ibu pertiwi,” ujar Paimin Tambunan yang sudah berisia 86 tahun dalam sambutannya yang dibacakan Sahata Butarbutar selaku Pengurus Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Toba.

Di tengah pandemi saat ini, ibu pertiwi kembali memanggil anak bangsa untuk bersatu padu dan bergotong royong menyelesaikan permasalahan bangsa untuk menanggulangi Covid-19.

“LVRI Toba berpesan, agar seluruh elemen masyarakat Toba memberikan kontribusi bagi bangsa, khususnya saat ini dalam menanggulangi pandemi Covid-19, disamping itu kita tetap berdoa meminta campur tangan Tuhan Yang Maha Esa, hingga dapat bangkit, tumbuh dari masa sulit ini. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang mampu bangkit dan tumbuh melewati kondisi ini,” tandas Sahata Butarbutar membacakan sambutan ketua LVRI Toba.(james/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles