23.5 C
New York
Sunday, June 30, 2024

Sambut Ramadhan, Ribuan Umat Muslim Gelar Pawai Obor di Medan

Medan, MISTAR.ID

Ribuan umat muslim yang datang dari berbagai daerah di kawasan Medan, Provinsi Sumatera dan sekitarnya gelar pawai obor menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah.

Pawai obor itu berlangsung tepatnya depan Mesjid Raya Al Mashun Medan, Jalan Mahkamah, Kecamatan Medan, Sumatera Utara, Jumat (8/3/24) malam sekitar pukul 21.00 WIB malam.

Taufik Ismail selaku ketua panitia pawai obor tersebut mengatakan, pawai ini dilaksanakan dalam rangka agenda menjelang bulan suci Ramadan.

“Kami atas nama Panitia mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepala seluruh kaum muslimin yang ada di kota Medan dan Sumatera Utara, karena dengan ikhlas dan sukarela mengikuti acara tarhib (Menyambut-red) bulan Ramadhan 1445 Hijriah,” ujar Taufik mobil komando pawai Jumat malam.

Baca juga: Pawai MTQ Dimulai dari Depan Gereja HKBP, Bukti Toleransi di Tapsel Terpelihara

Dijelaskan dia, agenda pawai obor ini merupakan kegiatan organisasi masyarakat (Ormas) umat muslim menjelang bulan suci Ramadan.

“Dimana perlu kami sampaikan kepada kita semua, bahwa agenda pawai obor ini merupakan agenda ormas umat Islam di Sumatera Utara untuk menyambut bulan suci Ramadhan,” tegasnya lagi.

Terpisah, Suci (26) mengatakan kegiatan pawai obor ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Kata Suci, kegiatan ini juga merupakan ciri khas khusus di Sumatera Utara dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

“Kalua Pawai obar ini bang sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Paling di masa Covid-19 saja gak diadakan,” tuturnya kepada mistar.id.

Baca juga: Pawai Kendaraan Hias Meriahkan HUT Kabupaten Samosir ke-20

Dikatakan Suci, dirinya dan beberapa teman lainnya turut antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Menurut, kegiatan merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu kaum muda-mudi sebelum memulai bulan puasa.

“Termasuk momen yang di tunggu-tunggu lah, soalnya asyik aja. Jadi begitu nanti masa puasa kita sudah siap aja,” ujar wanita berhijab hijau itu.

Lanjut Suci, dalam kegiatan mengikuti pawai obor ini tidak ada batasan usia. Dia mengatakan mulai anak-anak hingga dewasa dan juga lansia bebas mengikuti kegiatan itu.

Menurut amatan mistar.id ribuan umat muslim yang ada di Kota Medan dan sekitarnya melakukan pawai obor di sejumlah ruas jalan di Kota Medan.

Pawai itu dimulai dari depan Mesjid Raya Kota Medan Jalan Mahkamah, Kecamatan Medan, menuju beberapa ruas jalan lainnya. Para peserta pawai tampak menghidupkan obor yang terbuat dari bambu dan berjalan kaki melakukan pawai.

Dilokasi juga terlihat sejumlah aparat keamanan dari TNI-Polri turut melakukan pengamanan dan pengawalan kegiatan tersebut hingga berjalan dengan baik. (Matius/hm20)

Related Articles

Latest Articles