11.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

RS Adam Malik Jalani Visitasi Program Pengampuan Layanan Prioritas Kemenkes

Medan, MISTAR.ID

Kementerian Kesehatan RI bersama dengan enam rumah sakit vertikal Kemenkes dari Jakarta, melaksanakan visitasi program pengampuan layanan prioritas RSUP H Adam Malik, Jumat (11/11/22).

Kasub Hukum, Organisasi dan Humas RSUP H Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan 6 rumah sakit vertikal yang berkunjung melakukan visitasi RS Adam Malik ini yakni, RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo, RS Kanker Dharmais.

Kemudian RS Pusat Otak Nasional Prof Dr dr Mahar Mardjono, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, RSUP Persahabatan, dan RS Penyakit Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso.

Baca Juga:RSUP Adam Malik Siap Jadi Rumah Sakit Rujukan GGA

Dia mengutarakan, program pengampuan ini akan dilaksanakan terhadap layanan prioritas khususnya untuk layanan kanker, jantung, stroke, uronefrologi, tuberculosis, dan penyakit infeksi emerging.

“Program ini merupakan implementasi transformasi kesehatan rujukan sesuai rencana strategis Kementerian Kesehatan RI tahun 2022-2024,” katanya.

Dalam visitasi ini, sambung dia, tim Kemenkes RI bersama enam rumah sakit vertikal langsung mengunjungi enam layanan prioritas tersebut di RSUP Adam Malik. Keenam rumah sakit vertikal itu akan mengampu RSUP HAM dalam mengembangkan enam layanan prioritas.

Baca Juga:Penyuluhan Epilepsi di RSUP Adam Malik, Penanganan Tidak Boleh Panik

“Ke depannya RSUP Adam Malik akan mengampu sejumlah rumah sakit jejaring di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya dalam enam layanan prioritas tersebut,” terang Rosa.

Dalam program ini, RSUP HAM akan bekerja sama dengan RSU Haji Medan di bawah Pemerintah Provinsi Sumut sebagai rumah sakit jejaring pengampuan di wilayah regional.

Kegiatan visitasi ini sekaligus dirangkai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara rumah sakit pengampu nasional dan rumah sakit pengampu regional dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga:RSUP Adam Malik Tambah Ruang Isolasi Covid-19

Turut hadir Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Direktur Utama RSUP HAM Zainal Safri, Direktur RSU Haji Medan, para direktur utama rumah sakit vertikal yang menjadi pengampu.

Selain itu juga digelar kegiatan penyegaran pengampuan rumah sakit jejaring layanan kanker wilayah Sumut. (saut/hm14)

Related Articles

Latest Articles