11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

PT Pelindo Regional I Gelar Peduli Lingkungan

Belawan, MISTAR.ID
PT Pelindo Regional 1 bekerja sama dengan Khadijah Sharaswaty Indonesia (KSI) gelar tiga program peduli lingkungan dan literasi yang menyentuh langsung masyarakat di kawasan Pesisir.

Kegiatan itu berlangsung di dua daerah yakni, Belawan Sicanang dan Gudang Arang Belawan I, Jumat (16/9/22).

Adapun ketiga kegiatan yang dilakukan yakni, menanam 2.000 pohon endemik buah-buahan yang mengambil lokasi di Belawan Sicanang.

Selain itu, ada juga kegiatan peresmian Bank Sampah Belawan (Bank Sambel) di Gudang Arang Kelurahan Belawan I.

Baca Juga:Kejari Belawan-PT Pelindo Teken MoU Penanganan Hukum

“Dan yang ketiga adalah program peluncuran eduling (Edukasi Keliling) yang merupakan program Pustaka Kampung Pesisir,” ucap Regional Head I Pelindo Regional 1 Yarham Harid pada acara menanam pohon di Taman Mangrove Syahdan Belawan Sicanang.

Didampingi Division Head SDM Umum Regional 1 Pelindo, Kasih Dwiyanti Yarham menyampaikan, jika kegiatan sekaligus memperingati hari ulang tahun merger atau bersatunya Pelindo pada 1 Oktober 2021 lalu.

“Jadi 1 Oktober merupakan tanggal sakral buat kami Pelindo yang melakukan merger. Sehingga, hari ini sangat tepat untuk menggelarnya,” ujarnya lagi.

Dikatakan Yarham, Pelindo juga turut bekerja sama dengan KSI dan balai pustaka serta perangkat daerah lainnya.

Baca Juga:Merasa Dirugikan Rp5 Miliar, PT Barokah Gelar Aksi Protes ke Pelindo 1 Belawan

“Jadi Program ini juga bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam hal pendidikan khususnya daerah pesisir. Terima kasih buat KSI selaku mitra kita dan Balai Pustaka yang ikut mendukung,” terangnya.

Yarham menerangkan, bahwa tiga program yang digelar hari ini juga bagian dari program Tanjung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

“Jadi ini adalah bagian dari Program TJSL Pelindo, di mana di dalamnya adalah program peduli lingkungan yang juga menjadi tanggung jawab Pelindo terhadap warga pesisir,” tuturnya.

Founder KSI, Dewi Natadiningrat memberikan apresiasi yang besar terhadap dukungan yang diberikan oleh Pelindo sejauh ini.

Baca Juga:Pelindo I dan PTK Kerjasama Dalam Layanan Bisnis Pelayaran dan Kepelabuhanan

“Kita sadari tidak akan mampu bergerak sendiri, butuh dukungan banyak pihak untuk menyentuh langsung masyarakat pesisir dalam hal ini Belawan,” ujar Dewi.

Dikatakan, hadirnya pustaka keliling, bank sampah dan ribuan pohon yang telah ditanam, berarti ikut mengedukasi masyarakat untuk komit bersama agar sadar dan bisa menjaga lingkungan.

“Untuk penanaman pohon, ini adalah program yang berkelanjutan yaitu “Ayo Tanam dan Tumbuhkan”, kata aktivis perempuan tersebut.

Dikatakan, KSI tidak hanya menanam namun juga ikut bertanggungjawab untuk menumbuhkan pohon.

Baca Juga:PT Pelindo Uji Coba Pintu Perlintasan Otomatis

“Alhamdulillah sekarang adalah tahun kedua program ini dan terus berjalan,” ujarnya.

Sementara, Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Syarifuddin Irsan Dongoran menyambut baik kehadiran Pelindo yang mensuport kegiatan di daerah pesisir Belawan.

“Lingkungan adalah pinjaman kita dari generasi yang akan datang. Maka kita harus pelihara untuk kesinambungan penerus,” ucap Dongoran.

Baca Juga:Pelindo I Raih Penghargaan BUMN Marketeers Award 2021

Disebutkan, sesuai slogan pak wali, Medan Kolaborasi. Dengan tindakan bersama seperti yang dilakukan Pelindo dan KSI serta Balai Pustaka, setidaknya bisa mengurai persoalan warga yang dihadapi di Belawan.

Program tanam 2000 pohon turut dihadiri para peraih penghargaan Kalpataru yakni Paris Sembiring (2003) dan Sahdan (2013), serta turut Kasub Denpom Belawan Kapten( CPM) Arfai.(kamaluddin/hm10)

 

Related Articles

Latest Articles