31.7 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Hubner dan Ridho Absen Bela Indonesia vs Guinea

Jakarta, MISTAR.ID

Kekuatan Timnas Indonesia U-23 dalam playoff Olimpiade 2024 melawan Guinea di di Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/24), diprediksi mengalami krisis karena tanpa Rizky Ridho dan Justin Hubner.

Jika keduanya absen, maka prediksi susunan Timnas Indonesia U-23 XI (3-4-3): Ernando Ari (PG); Muhammad Ferarri, Komang Teguh, Alfeandra Dewangga; Fajar Faturrahman, Ivar Jenner, Nathan Tjoe A On, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan

Perlua diketahui, Ridho dipastikan absen membela Garuda Muda karena mendapat sanksi kartu merah. Sementara Hubner kemungkinan tidak dapat tampil karena ia diminta kembali ke klub asalnya, Cerezo Osaka.

Dalam menghadapi situasi ini, Shin Tae Yong pun memanggil dua bek baru yakni Alfeandra Dewangga dan Elkan Baggott.

PSIS Semarang tempat Dewangga selama ini telah memberi restu untuk bergabung dengan tim, dan saat ini sedang dalam perjalanan ke Prancis. Sementara Baggott masih diupayakan bisa bergabung.

Baca juga: Jelang Play-off Olimpiade Paris 2024, Mengintip Ranking FIFA Timnas Indonesia Vs Guinea

Jika Baggott tidak dilibatkan, kekuatan bek tengah U-23 hanya diandalkan kepada tiga pemain yang tersisa yakni Muhammad Ferarri, Dewangga dan Komang Teguh Trisnanda.

Sementara opsi yang dapat dimainkannya pada posisi bek tengah hanya Nathan Tjoe-A-On. Reposisi ini pun sudah sempat dipraktikkan Shin saat Indonesia menghadapi Irak di Piala Asia U-23 2024.

Namun posisi Nathan biasanya berada di tempat vital, yaitu gelandang bertahan. Aksi-aksinya diyakini lebih hidup. Hal ini dilihat saat Indonesia U-23 melawan Australia, Yordania, juga Korea Selatan.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, tak menutup kemungkinan trio Ferarri, Dewangga, dan Komang jadi pilihan terakhir sebagai bek tengah. Sedangkan Nathan tetap dipertahankan tampil sebagai gelandang bertahan.

Baca juga: Timnas Indonesia Kalah Lawan Iraq, Warga Medan Terlibat Aksi Saling Lempar Botol Air Mineral

Jika Shin menggunakan formasi 3-4-3, Nathan akan berdampingan dengan Ivar Jenner, diapit dua bek sayap Muhammad Fajar Faturrahman di kanan dan Pratama Arhan di sebelah kiri.

Dengan demikian formasi menyerang ideal Indonesia U-23 kembali diberikan ke Witan Sulaeman, Rafael Struick, dan Marselino. Komposisi ini terbilang tajam selama Piala Asia U-23 2024.

Berkaca dari formasi yang sempat digunakan Shin selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar, pemain lain yang berpotensi tampil adalah Ilham Rio Fahmi dan Jeam Kelly Sroyer.

Namun tak menutup kemungkinan, pemain lainnya seperti Ramadhan Sananta, Ikhsan Nur Zikrak, atau Arkhan Fikri. Susunan pemain biasanya disesuaikan situasi menjelang laga. (cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles