16.1 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Permintaan Sedikit, Harga Ayam dan Cabai Merah Turun di Medan

Medan, MISTAR.ID

Memasuki sembilan hari Ramadhan, terpantau sejumlah harga-harga komoditas di Kota Medan mengalami penurunan. Tak hanya cabai merah yang sudah menurun menjelang Ramadhan. Harga ayam broiler atau ayam potong juga turun hingga hari ini.

Seperti yang dikatakan Irman, salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Simpang Limun Medan. Menurutnya, harga ayam yang dijual saat ini di kisaran Rp22 ribu hingga 24 ribu per kg. Penurunan harga ayam ini sudah terjadi sejak menjelang Ramadhan.

“Sehari mau puasa kemarin harga sudah turun karena banyak yang beralih membeli daging. Tapi sampai hari ini pun turun terus. Sudah diharga Rp22 ribu per kg,” kata Irman, Jumat (31/3/23).

Baca Juga:Harga Ayam Potong Naik Turun, Tapi Daging Sapi Tetap Jelang Ramadhan

Tak hanya ayam potong saja yang turun, amatan di lapangan harga untuk cabai merah juga turun menjadi Rp18 ribu hingga Rp24 ribu per kg. Sedangkan cabai hijau ada di harga Rp16 ribu per kg. Tomat Rp8 ribu per kg. “Sejak puasa harga-harga turun tidak ada yang naik. Stok juga melimpah,” ucap Aat salah seorang pedagang cabai di sana.

Berdasarkan data yang dihimpun pihak Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral memang beberapa hari ini terjadi penurunan harga untuk sejumlah komoditas di Sumut termasuk di Medan. Seperti cabai merah tercatat turun hingga 2,5 persen, cabai rawit turun hingga 5,8 persen, bawang putih turun 2,5 persen.

“Penurunan ini karena banyaknya stok yang masuk dari daerah produsen dan permintaan turun selama Ramadhan ini,” kata Kasi Bapokting Disperindag Energi dan Sumber Daya Mineral Sumut, Iskandar.

Baca Juga:Harga Ayam Potong dan Telur Merangkak Naik di Siantar

Terpisah, Ketua Tim Pemantau Pangan Sumut Gunawan Benjamin mengatakan, dari hasil survei pedagang ayam penyet khususnya, mengaku terjadi penurunan daya beli. Jika masuk libur akhir pekan permintaan daging ayam bisa mencapai 15 kg per hari. Tetapi kali ini permintaan harian daging ayam hanya sekitar 5 hingga 7 kg. Dimana untuk pemenuhan kebutuhan di akhir pekan hanya berkisar 6 hingga 7 kg.

“Nah, beberapa pembeli ibu rumah tangga menyatakan bahwa untuk memenuhi kebutuhan protein, alternatif selain daging ayam adalah tahu dan tempe atau telur karena lebih terjangkau. Meski ada penurunan daya beli, untuk belanja harian pangan masih relatif terjaga,” pungkasnya.(anita/hm15)

Related Articles

Latest Articles