14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pentingnya Peran Pers dalam Pesta Demokrasi

Medan, MISTAR.ID

Merayakan Hari Pers Nasional, Zulkifli Harahap, Ketua Wartawan Unit Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Sumut), menegaskan pentingnya peran pers sebagai agen sosial kontrol dan pendidikan politik, terutama dalam konteks pesta demokrasi yang tengah berlangsung.

Zulkifli menegaskan, peran pers sangat vital dalam memberikan pencerahan dan pendidikan politik kepada masyarakat melalui berita yang edukatif.

Menyikapi Pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari, ia mengajak wartawan untuk aktif dalam mengedukasi publik tentang sepak terjang para caleg, agar masyarakat memiliki preferensi politik yang bagus.

“Pers harus menjadi sumber pencerahan dan pendidikan politik yang memadai bagi masyarakat. Wartawan memiliki tanggung jawab untuk mendidik masyarakat, khususnya agar lebih mengenal sosok figur yang akan mereka pilih pada Pemilu 14 Februari ini,” ujar Zulkifli saat diwawancarai di pressroom, kantor Gubernur Sumut, Medan, Jumat (9/2/24).

Baca juga: Kasus Pengancaman Wartawan Dilaporkan ke Polres Belawan

Pendidikan politik, menurut Zulkifli Harahap, menjadi kunci penting untuk memastikan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi.

Wartawan diingatkan untuk memastikan berita yang disajikan tidak hanya menyajikan informasi, tetapi juga memberikan pemahaman mendalam tentang calon-calon yang bertarung di Pemilu.

“Berita harus memiliki edukasi, memberikan pemahaman tentang rekam jejak calon dan visi-misi mereka. Wartawan memiliki peran strategis dalam membentuk opini publik yang cerdas dan berbasis fakta,” tambahnya.

Wartawan senior asal Sumut itu berharap agar masyarakat dapat membuat pilihan yang cerdas dan bermakna saat berpartisipasi dalam pesta demokrasi.

Baca juga: Hakim PN Medan Tegur Wartawan Saat Ambil Foto Sidang

“Semoga melalui upaya ini, demokrasi di Indonesia dapat terus berkembang dan menciptakan pemerintahan yang berpihak kepada kepentingan rakyat. Selamat Hari Pers Nasional,” pungkanya. (Hutajulu/hm20)

Related Articles

Latest Articles