10.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pemko Medan Terima Bantuan Mesin Pengolah Sampah dari Pemerintah Jepang

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Kota (Pemko) Medan menerima 16 mesin pengolah sampah dari Pemerintah Jepang di yayasan Nuansa Alam, Jalan Ringroad Pasar I Gg Mekar Mulyo, Kecamatan Medan Selayang, Kamis (7/3/24).

Mesin tersebut terbagi menjadi 9 jenis mesin. Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Jepang yang memberikan dukungannya terhadap penggiat sampah di Kota Medan untuk mengolah sampah sehingga bernilai ekonomis.

Kadis Lingkungan Hidup, Muhammad Husni yang hadir dalam kesempatan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Jepang yang sudah peduli terhadap sampah di Kota Medan.

Baca juga:Pemprov Sumut Berpeluang Kerja Sama Pengolahan Sampah dengan Belanda

“Semoga mesin daur ulang sampah ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh bank sampah Yayasan Nuansa Alam Indonesia. Mari kita jalankan amanah ini dengan baik dan buktikan bahwa kita mampu membangun tata kelola persampahan melalui para penggiat persampahan,” kata Husni.

Husni mengatakan keberhasilan Pemko Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan, Bobby Nasution mendapatkan penghargaan Adipura tahun 2023, salah satunya karena bank sampah.

Ia menjelaskan berdasarkan aturan, tiga puluh persen sampah yang dihasilkan dari suatu kota harus dikelola, tentunya pengelolaan sampah yang ada di Kota Medan ini dilakukan oleh para penggiat melalui bank sampah.

“Oleh karena itu, pak Bobby Nasution terus mendorong penggiat bank sampah yang ada di Kota Medan untuk dapat mengurus izin usahanya. Kami DLH Medan akan membantu dan memfasilitasi bank sampah untuk mendapatkan perizinan agar legitimasi bank sampah lebih jelas. Dengan adanya izin tentunya bank sampah akan lebih mudah untuk mendapat bantuan dari pemerintah maupun pihak lainnya,” jelasnya.

Husni mengungkapkan, Medan Bersih merupakan program prioritas Wali Kota Medan. Artinya, keberadaan penggiat persampahan ini dapat mengurangi sampah di hulu menjadi sampah yang produktif setelah menjalani proses daur ulang.

“Ayo kita bersama-sama fokus dalam mengolah sampah melalui bank sampah masing-masing. Sebab apapun jenis sampahnya kini sudah dapat diolah dengan spesifikasinya. Untuk bahan baku, DLH Medan memiliki sampah di TPA Terjun dan Namobintang. Tinggal kita memilih sampah apa untuk diolah dan didaur ulang,” ungkapnya.

Baca juga:Pengolahan Sampah di TPA Tele Samosir Tidak Maksimal, Warga Keluhkan Bau Busuk

Sebelumnya, Konjen Jepang di Medan, Takonai Susumu mengaku bahwa bantuan ini diberikan berlandaskan hubungan baik yang sudah terjalin antara Pemerintah Jepang dan Pemerintah Indonesia.

“Fokus kami adalah lingkungan hidup, di Medan tentunya kami ingin berkolaborasi dengan Pemerintah Kota dan yayasan yang bergiat di bidang lingkungan hidup. Kami lihat bank sampah New Normal dibawah Yayasan Nuansa Alam Indonesia sangat antusias dan bersemangat dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Medan. Jadi kami nilai cocok diberikan bantuan mesin daur ulang ini,” jelasnya. (rahmad/hm18)

Related Articles

Latest Articles