31.5 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Pemko Medan Berharap Istana Maimun Bisa Jaga Sejarah Melayu di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Pembukaan Gelar Melayu Serumpun (Gemes) ke-7 Tahun 2024 yang digelar Pemko Medan di Istana Maimun, berlangsung meriah, Rabu (29/5/24) malam.

Petikan gambus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan pukulan marwas Pj Gubsu Hassanuddin, Wali Kota Medan Bobby Nasution, serta Sultan Deli ke-14 Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam seiring rentak tari Melayu menandai dimulainya pergelaran yang terpilih sebagai salah satu event Kharisma Event Nusantara 2024 tersebut.

Mengawali sambutannya, Bobby Nasution menyebut bahwa budaya Melayu bukan hanya tentang busana, pakaian, tarian dan musik, tetapi mencakup nilai-nilai luhur dan filosofi kehidupan yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Baca juga: Momen Sandiaga Uno Dukung Bobby Jadi Gubernur Sumut

“Nilai kolaborasi, hormat-menghormati khususnya kepada orang tua dan kebijaksanaan dalam berbicara adalah bagian integral dari budaya Melayu itu tersendiri,” sebutnya.

Bobby mengaku bahwa Pemko Medan sangat bangga bisa menghelat Gelar Melayu Serumpun di Istana Maimun yang bersejarah ini.

“Kami berharap Istana Maimun dapat terus terjaga dan menjadi pusat peradaban Melayu di Sumut. Komitmen ini terus kami pegang dan jalankan, bukan hanya melalui pergelaran budaya, namun juga kegiatan-kegiatan fisik yang ada di dalamnya,” katanya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menilai Gemes merupakan salah satu event terbaik nusantara. Karena itu, perhelatan ini berhak masuk dalam deretan event Kharisma Event Nusantara.

Baca juga: Kenakan Pakaian Adat, Sandiaga Uno Hadiri Gelar Melayu Serumpun

“Kita harapkan perhelatan ini juga jadi pemicu geliat ekonomi, pariwisata dan UMKM-UMKM, sehingga bisa membuka peluang usaha dan tenaga kerja,” ucapnya.

Sandiaga berharap hujan yang turun pada malam pembukaan ini membawa keberkahan.

“Mudah-mudahan masyarakat menerima anugerah, para pemimpinnya bisa membawa kemajuan dengan penuh amanah. Saya yakin turunnya hujan ini membawa sebuah hikmah,” sebutnya.

Selain gelaran tari kolosal yang menggambarkan persaudaraan negara-negara serumpun serta pertunjukan musik kolaborasi modern dan tradisional, pembukaan Gemes ke-7 ini ditandai dengan pemberian piagam penghargaan kepada delegasi negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan India.

Usai membuka resmi perhelatan, Sandiaga memberikan Piagam Penghargaan Kharisma Event Nusantara 2024 kepada Bobby Nasution. Kemudian, Bobby Nasution pun membalas dengan memberikan cinderamata kepada Sandiaga Uno. (rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles