12.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Pemkab Deli Serdang, Terima Penghargaan Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik dari Menpan-RB

Deli Serdang, MISTAR.ID

Pemkab Deli Serdang kembali mendapat penghargaan dari pemerintah pusat melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Kali ini penghargaan yang diterima yakni penyelenggaraan pelayanan publik Kategori Sangat Baik tahun 2020 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Publik (Menpan RB).

Acara penyerahan piagam penghargaan tersebut berlangsung di Aula Cendana Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (24/6/21).

Penyerahan piagam penghargaan dari Menteri Menpan-RB ini dilakukan oleh Kepala Biro Organisasi Provinsi Sumatera Utara mewakili Gubernur Sumatera Utara, Aprilla H Siregar yang  diterima Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan.

Baca Juga: Bupati Ashari Tambunan Rotasi 6 Pejabat Eselon II 

Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan dalam sambutannya mengatakan  pelayanan publik merupakan prioritas utama dalam reformasi birokrasi.

“Berbagai terobosan terus dilakukan dalam rangka percepatan peningkatan pelayanan.Hal ini adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Ashari Tambunan.

Dijelaskan Ashari,program penghargaan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB adalah hal yang sangat baik dan sangat diapresiasi karena bertujuan untuk mendorong terciptanya pelayanan publik yang berkualitas dan profesional.

Baca Juga: Bupati Deli Serdang Lantik Suryadi Aritonang Jadi Kadishub

“Penghargaan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Deli Serdang untuk terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ujar Ashari Tambunan, seraya mengapresiasi Dinas Dukcapil Deli Serdang beserta staf atas prestasi yang telah diraih dan berharap kedepannya kinerja yang sudah baik tersebut lebih ditingkatkan lagi.

“Penghargaan yang kita raih ini bukanlah tujuan akhir,tapi justru menjadi tanggung jawab yang lebih besar lagi agar kedepannya pelayanan publik Disdukcapil dapat bekerja lebih keras dan lebih cerdas untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkelanjutan,” papar Ashari Tambunan.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dalam sambutannya yang disampaikan Ka. Biro Organisasi Provinsi Sumut, Aprilla H. Siregar mengatakan, untuk tahun 2020 di tingkat pemerintah kabupaten/kota sebagai akibat pandemi covid 19 di fokuskan hanya kepada dua organisasi perangkat daerah, yakni Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil.

Baca Juga: DPRD Serahkan Rekomendasi LKPj Bupati Deli Serdang TA 2020

“Penilaian terhadap kinerja pelayanan publik lebih difokuskan pada enam komponen antara lain adalah kebijakan pelayanan profesionalisme, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik konsultasi dan pengaduan serta inovasi,” tuturya.

Aprilla H. Siregar juga mengatakan,bukti komitmen Pemkab Deli Serdang dalam upaya peningkatan pelayanan publik dan sesuai hasil evaluasi pelayanan publik tahun 2020 mendapat nilai 4,03 kategori A (sangat baik) pada Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan nilai 3,81 kategori B ( baik ) kepada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

“Pencapaian tersebut tentunya sangat membanggakan.Tetapi saya ingatkan hal itu bukanlah merupakan akhir dari upaya perbaikan pelayanan,” ucapnya seraya mengtakan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengapresiasi apa yang telah dilakukan Bupati Deli Serdang beserta jajarannya khususnya Dinas Dukcapil yang telah berupaya sekuat tenaga meningkatkan layanannya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekdakab Darwin Zein, Asisten III Dedi Maswardy, Kadis Dukcapil Gustur Husin Siregar beserta sekretaris, kabid dan staf, Kadis Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, M. Salim, Kadis Sosial, Rudi Akmal Tambunan,Kadis Kominfo Dr. Hj. Miska Gewasari,Kadis Naker Binsar Sitanggang, Kabag. Organisasi, Syahrul, Kabag  Umum, M. Abdul Rijali Siregar serta mewakili kepala OPD terkait.(rinaldi/hm13)

 

 

Related Articles

Latest Articles