12.7 C
New York
Friday, October 25, 2024

Pembentukan AKD Dijadwalkan Minggu Ini, Tiga Parpol Tak Kunjung Kirim Komposisi Fraksi

Medan, MISTAR.ID

Meski rapat paripurna pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Kota Medan dijadwalkan akan digelar minggu ini, namun sampai saat ini masih ada tiga partai politik (parpol) yang belum menyampaikan susunan fraksi ke Sekretariat DPRD Medan (Sekwan).

Adapun ke tiga parpol tersebut, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Nasional Demokrat (NasDem) dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

“Rencananya kita gelar paripurna Jumat nanti, tapi tiga parpol itu belum juga menyampaikan komposisi fraksinya. Kita juga sudah dua kali menyurati ketiganya, namun belum ada jawaban,” ucap Ketua DPRD Medan Sementara, Wong Chun Sen saat dikonfirmasi Mistar, Senin (21/10/24).

Baca juga:Peredaran Capai 15 Persen, DPRD Medan Dorong Pihak Berwajib Serius Berantas Rokok Ilegal

Jika nanti sampai hari Jumat tidak dikirimkan juga, Wong mengaku bahwa pihaknya tetap akan menggelar rapat paripurna pembentukan AKD.

“Tentu akan kita bentuk sesuai nama-nama yang sudah masuk. Makanya kita harapkan ke tiga parpol tersebut untuk segera menyampaikan komposisinya, sehingga aktivitas di DPRD Medan bisa berjalan,” katanya.

Dijelaskan Wong, adapun yang sudah menyampaikan komposisi fraksinya, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Perindo, Hanura dan Partai Golongan Karya (Golkar).

“Gambarannya ada 9 fraksi di DPRD Medan, dimana akan ada 2 fraksi gabungan, yakni PAN-Perindo serta PKB-Hanura,” jelasnya.

Wong mengungkapkan, dari komposisi yang sudah disampaikan ke Sekwan, nama-nama ketua fraksi juga sudah tertera.

Baca juga:PDIP Belum juga Tentukan Nama Pimpinan DPRD Medan, Boydo: Kemungkinan Bulan ini Keluar

“Untuk nama lengkapnya sudah ada, tapi tidak begitu saya perhatikan siapa-siapa saja namanya. Sementara untuk Golkar, nama Pimpinannya belum ada, cuma Ketua Fraksi saja yang ada. Kalau PKS sudah lengkap, nama Pimpinan dan Ketua Fraksi nya sudah tertera,” ungkapnya.

Disinggung kenapa PDIP belum juga menentukan siapa Ketua DPRD Kota Medan, Wong menyebut bahwa dalam minggu ini juga akan keluar putusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Minggu ini keluar nama-namanya, baik untuk Pimpinan ataupun Ketua Fraksi. Kita tunggu saja ya,” pungkasnya. (rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles