Pelindo Regional 1 Dukung Digitalisasi dan Efisiensi Sektor Maritim
![journalist-avatar-top](/_next/image?url=%2Fimages%2Fdefault-avatar.png&w=64&q=75)
![pelindo_regional_1_dukung_digitalisasi_dan_efisiensi_sektor_maritim](/_next/image?url=https%3A%2F%2Ffiles-manager.mistar.id%2Fuploads%2FMISTAR%2F13-02-2025%2Fpelindo_regional_1_dukung_digitalisasi_dan_efisiensi_sektor_maritim_2025-02-13_18-25-07_1527.jpg&w=1920&q=75)
Peresmian Gate 3 yang dihadiri para stakeholder yang ada di Pelabuhan Belawan. (f:ist/mistar)
Medan, MISTAR.ID
PT Pelindo Regional 1 Belawan secara resmi mengoperasikan Gate 3 dengan penerapan sistem Autogate, Kamis (13/2/25). Sistem ini mengadopsi metode pembayaran non-tunai, yang diharapkan dapat mempercepat proses transaksi serta memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa di Pelabuhan Belawan.
Executive General Manager PT Pelindo Regional 1 Belawan, Jonedi Ramli, mengungkapkan bahwa sistem Autogate ini telah diimplementasikan sejak pertengahan Januari 2025. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Pelindo dalam mendukung digitalisasi sektor maritim sekaligus meningkatkan efisiensi operasional.
"Melalui inovasi ini, kami ingin memberikan pelayanan yang lebih cepat, nyaman, dan transparan kepada pengguna jasa. Kami juga mengajak seluruh pengguna untuk mendukung sistem ini demi kemajuan bersama," ujar Jonedi.
Gate 3 didesain untuk mengakomodasi berbagai jenis kendaraan dengan lajur khusus yang disesuaikan dengan fungsinya:
1. Lajur 1 dan 9: Untuk kendaraan ringan seperti motor, sedan, dan truk sedang.
2. Lajur 2 dan 8: Khusus kendaraan dengan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) untuk kegiatan Subholding Pelindo Multi Terminal (SPMT).
3. Lajur 3, 4, 6, dan 7: Digunakan untuk masuk dan keluar truk peti kemas yang melakukan aktivitas receiving dan delivery.
4. Lajur 5 dan 10: Dikhususkan untuk jalur kendaraan non-komersial, seperti warga atau depo.
Setiap kendaraan yang masuk melalui Gate 3 diwajibkan melakukan tapping kartu elektronik pada perangkat pembaca di pos masuk (Gate In). Sistem secara otomatis akan memproses pembayaran sesuai jenis kendaraan dan aktivitasnya.
Jonedi juga menjelaskan bahwa sistem pembayaran non-tunai ini selaras dengan visi Pelindo untuk mewujudkan pelabuhan yang modern, transparan, dan kompetitif.
"Dengan beroperasinya Gate 3, kami berharap dapat menciptakan efisiensi layanan dan mendukung aktivitas kepelabuhanan yang lebih profesional. Inovasi ini adalah langkah nyata menuju pelabuhan berstandar internasional," tuturnya. (kamaluddin/hm25)
PREVIOUS ARTICLE
29.000 Liter Avtur Berhasil Diamankan TNI AL![journalist-avatar-bottom](/_next/image?url=%2Fimages%2Fdefault-avatar.png&w=256&q=75)