18.6 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Pameran Fotografi Persma Unimed Tampilkan Makna Pancasila

Medan, MISTAR.ID

Memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2024 lalu, Pers Mahasiswa Kreatif Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar pameran fotografi Tridaya Exihibion bertajuk ‘Wujud Nasionalisme Melalui Cipta, Rasa, dan Karsa.

Pameran ini digelar selama dua hari 5-6 Juni 2024 di gedung Galeri Unimed, Jl William Iskandar, Medan. Pameran tersebut menampilkan tentang sisi kelima Pancasila yang merupakan hasil potret Persma Kreatif Unimed.

Pimpinan Umum Persma Kreatif Unimed, Siti Maysarah mengatakan pameran ini bertujuan untuk menciptakan nasionalisme terhadap lima sila.

Baca juga:Pers Mahasiswa Samudera USI Selenggarakan Lomba Sastra dan PJTD

“Jadi dalam foto itu ada yang menggambarkan ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan juga keadilan,” ungkapnya pada mistar.id

Pada hari kedua ini, Kamis (6/5/24) menjadi acara puncak, Siti mengatakan akan ada 5 foto yang akan ditampilkan dengan menunjukkan karakter dari sila-sila tersebut.

“Jadi nanti akan diumumkan 5 karya terbaik yang menampilkan sila-sila itu,” sambungnya.

Sarah berharap dengan adanya pameran foto ini dapat mengingatkan para pengunjung bahwa dari kelima sila tersebut banyak hal yang dapat di ambil dan diimplementasikan dalam kehidupan.

“Selain itu kami juga ingin menginspirasi orang-orang yang hadir dengan karya kami,” ujarnya.

Baca juga:Ilmu Komunikasi USU Gelar Pameran Fotografi

Dalam kesempatan tersebut juga, Anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Mafa Yulie Ramadhan juga turut menilai karya-karya tersebut. Menurutnya pameran foto tersebut sudah cukup baik, namun jumlah foto yang di pajang masih terlihat kurang banyak.

“Sebenarnya sudah bagus tapi masih perlu pematangan yang lebih seperti kurasi fotonya dan jumlah fotonya masih kurang banyak untuk di pajang. Penyesuaian karakter fotonya juga sudah memadai, seperti gambar seseorang yang baru keluar mesjid menandakan ketuhanan dan beberapa lainnya yang beraneka ragam,” katanya. (dinda/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles