21.1 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Musisi Internasional Akan Turut Meriahkan Samosir Music Internasional Festival Pada 25-26 Agustus 2023

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Acara musik spektakuler akan kembali digelar yaitu Samosir Music International Festival (SMI Fest) pada 25-26 Agustus 2023.

SMI Fest ini udah dikenal luas sama masyarakat, baik di Indonesia maupun di beberapa negara. Acara tahunan tersebut udah punya artis-artis keren yang pernah ikutan sebelumnya. Paling dinantikan masyarakat nasional maupun Internasional.

Bahkan tahun 2023 ini, SMI Fest masuk di program event nasional yang namanya KEN (Kharisma Event Nasional). SMI Fest di apresiasi juga sama Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang ngeluarin daftar event-event nasional.

Baca juga:Gandeng Musisi Top, Dewa 19 All Stars Siap Hadirkan 5 Single Baru

Project Director SMI Fest, Henry Manik dalam keterangannya ketika melakukan Konferensi Pers yang juga dihadiri salah satu musisi Internasional dari Austria, mengatakan SMI merupakan sebuah festival yang mengangkat lagu-lagu batak yang tidak hanya dibawakan oleh penyanyi batak namun juga penyanyi dari berbagai negara.

“Event musik ini akan memainkan lagu-lagu Batak dengan menampilkan musisi lokal, nasional dan artis Internasional seperti Austria, Italia, dan Malaysia tersebut akan digelar di Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir,” ucapnya di hadapan sejumlah awak media yang diundang saat melakukan Konferensi Pers di salah satu aula Hotel Sapadia, Kota Pematang Siantar, Selasa (22/8/23).

Selain penampilan para musisi, lanjut Henry, nantinya akan ada pameran produk-produk UMKM dan kuliner lokal.

Menurutnya, kegiatan SMI Fest ini juga merupakan suatu wadah yang memang sangat dibutuhkan oleh para UMKM. Nantinya produk-produk UMKM tersebut bisa ditayangkan di sana dan langsung dinikmati oleh para pengunjung.

Baca juga:Penampilan BCL dan Ariel Pukau Penonton di Java Jazz Festival 2023

“Di samping itu juga kita akan mengadakan semacam kuliner. Artinya kita juga pingin menunjukkan jenis-jenis makanan khas rasa makanan kita baik dari daerah maupun nasional. Agar para pengunjung yang datang ke sana bisa menikmati dan bisa mengenal khususnya makanan-makanan daerah di Samosir dan sekitarnya,”tuturnya.

Banyak pengunjung dari berbagai daerah dan mancanegara yang dateng. Tahun 2019 aja, Henry perkirakan ada lebih dari 15.000 pengunjung. Bahkan Hotel di Tuktuk Siadong sampe penuh semua, hingga ada rumah penduduk yang disewain juga buat penginapan. Hotel di luar Tuktuk Siadong sampe Pangururan juga pada merasakan dampak event besar ini.

Sayangnya, untuk SMI Fest tahun 2023 dibatasi hanya 7000 pengunjung saja. Maka dari itu, tiket saat ini sudah mulai dibuka secara online di https://eventa.id/smi2023 pastikan Anda mendapatkan kursi nonton bareng pemain.

Baca jugaAndra Daviansyah, Aktualisasi Karya Lewat Lagu ‘Hujan’

“Nanti yang sudah membeli secara online, akan mendapatkan seperti sebuah Quick Response Code (QR code). Pada hari pertunjukan nanti silahkan datang ke lokasi untuk menukar QR code tadi menjadi gelang. Gelang ini nanti yang akan membuktikan bahwa orang tersebut sudah membeli tiket dan bisa masuk area pertunjukan bagian pengunjung,” jelas Henry yang menyebutkan harga tiket sebesar Rp 125 ribu sudah termasuk pajak.

Sedangkan penonton yang ingin membeli tiket secara offline, sambung Henry, pihaknya sudah menyiapkan 4 box penjualan tiket. Namun jika ternyata terjadi penonton yang membludak, maka akan dilakukan lagi penambahan box pembelian tiket.

“Tergantung situasi yang terjadi nanti di lapangan. Mengenai harga tiket sama saja dengan yang online. Jadi, penonton nanti selain dapat tiket juga akan mendapatkan jas hujan. Sebab, dikhawatirkan saat acara berlangsung, hujan akan turun. Maka dari itu, segera beli tiket mulai sekarang, jangan sampai kehabisan,” pungkasnya. (Yetty/hm17)

Related Articles

Latest Articles