10.3 C
New York
Monday, May 13, 2024

Monitor Kejahatan Jalanan, 65 Titik di Medan Timur Dilengkapi CCTV

Medan, MISTAR.ID

Untuk memonitor aksi kejahatan jalanan seperti pencurian kendaraan bermotor (curanmor), begal dan geng motor yang marak beberapa bulan belakangan ini, sebanyak 65 titik lokasi di Kecamatan Medan Timur, Kota Medan telah dilengkapi dengan Closed Circuit Television (CCTV).

Camat Medan Timur, Noor Alfi Pane mengatakan, selain mengantisipasi begal, pemasangan CCTV ini juga untuk pengamanan di seputaran wilayah kantor, baik di Kecamatan maupun Kelurahan.

“Masing-masing ada 4 unit kamera yang kita pasang di 11 Kelurahan. Yakni Kelurahan Gang Buntu, Sidodadi, Perintis, Gaharu, Durian, Glugur Darat II, Glugur Darat I, Pulo Brayan Darat I, Pulo Brayan Darat II, Pulo Brayan Bengkel Baru dan Pulo Brayan Bengkel. Jadi total ada 44 unit kamera,” ucapnya, pada Kamis (13/7/23).

Baca juga: Ibu Muda Dirampok Terekam CCTV di Binjai, Polisi Buru Pelakunya

Dijelaskan, untuk sisa lainnya dipasang di Kecamatan Medan Timur. “Sisanya 21 kamera kita pasang di Kecamatan,” jelasnya.

Alfi mengungkapkan, pemantauan dapat dilakukan melalui monitor yang ditempatkan di kantor Lurah maupun Camat. Selain itu, pemantauan juga bisa dilakukan melalui ponsel pintar, dengan memanfaatkan jaringan internet yang dipasang oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Medan di kantor-kantor Lurah maupun Camat.

“Untuk jaringan internetnya kita manfaatkan yang sudah dipasang Dinas Kominfo. Jadi tinggal kita connect kan saja,” ungkapnya.

Baca juga: Sekelompok Maling Terekam CCTV Bawa Kabur 3 Sepeda Motor di Medan Deli

Saat disinggung dari mana anggaran CCTV yang dipasang saat ini, Ali menyebutkan, semuanya dibeli dengan menggunakan dana Kecamatan Medan Timur.

“Pakai anggaran Kecamatan. Dengan adanya CCTV ini, kita berharap segala aksi kejahatan bisa terekam dengan jelas, sehingga dapat membantu pihak Kepolisian dalam memberantas aksi kejahatan jalanan,” tutup Alfi. (rahmad/hm16)

Related Articles

Latest Articles