24.5 C
New York
Monday, July 15, 2024

Miris! TPU Muslim di Kampung Nelayan Indah ‘Hilang’ Tertimbun Lumpur dan Air

Medan, MISTAR.ID

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim yang berada di Kelurahan Kampung Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan kondisinya sungguh sangat memprihatinkan. Nyaris tak tertentu karena tertimbun oleh lumpur dan kadang air laut.

Jika sedang pasang, maka kuburan di sana ‘hilang’ seketika. Apalagi tembok pembatas air laut ke area TPU Muslim sama sekali tidak ada. Secara kasat mata, kondisi sebenarnya TPU Muslim, tidak ubahnya  seperti ikan di dalam kolam, sungguh sangat miris.

Berdasarkan keterangan warga, kondisi ini sudah puluhan tahun terjadi. Namun perhatian Pemerintah Kota Medan maupun Pemerintah Provinsi Sumatera Utara belum ada.

“Kami berharap agar segera mungkin pemberitan membenahi TPU Muslim tersebut agar lebih layak,” kata salah seorang warga Kampung Nelayan Indah,  H Herman Kasim, Senin (15/7/24).

Baca juga: Atasi Krisis Tanah Wakaf, Pemko Medan Siapkan Lahan TPU 3 Hektar

Senada disampaikan Darwin selaku tokoh masyarakat Kampung Nelayan Indah, hal yang paling penting saat ini adalah perlu mengorek alur paloh yang berbatasan langsung dengan benteng dan tanah hasil korekan dari dalam Paloh tersebut lalu di timbulkan ke perkuburan menggunakan alat berat.

“Seharusnya penimbunan kuburan tersebut tanahnya diambil dari luar bukannya dari dalam Paloh dekat kaki benteng yang dikorek untuk menimbun perkuburan dan ini sangat rentan dengan keamanan fisik tempat pemakaman,” ucapnya.

Ia pun ikut memohon kepada pihak yang berkompeten untuk memperhatikan kondisi TPU Muslim sehingga menjadi tempat peristirahatan terakhir kaum muslimin yang layak.  (kamaluddin pasaribu/hm17)

Related Articles

Latest Articles