6.5 C
New York
Friday, April 26, 2024

Mencuri dan Bakar Kios di Percut, Pelaku Terancam Puluhan Tahun Penjara

Medan, MISTAR.ID

Nur Akmal, pelaku pencurian sekaligus pembakaran kios di Jalan Medan–Batangkuis, Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang pada 7 April 2024 ditetapkan menjadi tersangka. Dirinya terancam pasal berlapis dengan ancaman pidana puluhan tahun penjara.

Kapolrestabes Medan Kombes Teddy Jhon Marbun awalnya menyebutkan total kerugian dari aksi pencurian yang disebabkan pelaku berkisar Rp 20 juta. Adapun total itu didapat dari uang tunai sebesar Rp 15 juta dan sisanya barang yang berhasil diambil dari kios.

“Dan kerugiannya ya dari uang sebesar Rp 15 juta ditambah tadi beberapa slop rokok itu totalnya Rp 20 juta,” kata Teddy, Jumat, (19/4/2024).

Baca juga: Penyebab 8 Toko Terbakar di Percut Terkuak, Terekam CCTV Ada Pencuri Masuk

Sementara itu, total kerugian akibat kebakaran yang dibuat oleh pelaku berkisar Rp 1,5 miliar.

“Kerugian untuk enam ruko Rp 1,5 miliar,” terangnya.

Akibat dari perbuatan itu, pelaku diancam dengan pasal berlapis yakni Pasal 186 ayat 1 dan 2 serta Pasal 363 ayat 1 KUHPidana. Adapun dari pasal berlapis itu pelaku terancam puluhan tahun penjara.

“Pasal yang diterapkan adalah 187 ayat 1 dan ayat 2. Pasal 363 ayat 1 KUHPidana dengan ancaman 187 ayat itu itu 12 tahun 187 ayat 2 itu 15 tahun dan Pasal 363 ayat 1 selama 7 tahun,” pungkasnya.

Baca juga: Begini Aksi Pria Bakar 8 Toko Grosir di Percut

Sebelumnya, Kanit Reskrim Polsek Percut Sei Tuan Iptu Japri Simamora menerangkan kronologi terkait pembakaran yang dilakukan pelaku. Awalnya Japri menyebut pelaku berniat untuk mencuri.

Namun karena terkunci dari luar, pelaku pun membakar kios dengan cara memotong kabel listrik. Percikkan api dari kabel listrik yang dipotong menyambar area sekitar yang mudah terbakar.

Kemudian api membesar. Saat warga sibuk memadamkan api, pelaku membobol gembok di pintu samping kios. Dari pintu tersebut pelaku melarikan diri. (raja/hm17)

Related Articles

Latest Articles