27.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Medan Zona Merah, Pasien Aktif Covid-19 Ada Perawatan Mandiri

Medan, MISTAR.ID

Kota Medan kembali masuk zona merah atau beresiko tinggi dalam penyebaran virus Covid-19. Berdasarkan data pada Selasa (23/3/21), jumlah kasus Covid-19 di Kota Medan sendiri mencapai 13.970 orang. Dari jumlah tersebut 12.314 di antaranya sudah sembuh dan 427 lainnya meninggal dunia. Sedangkan kasus aktif Covid-19 di Kota Medan terdapat sebanyak 1.229 orang.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan menyebutkan, pasien yang aktif Covid-19 Kota Medan saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit. “Ada di rumah (mandiri) dan ada juga yang dirawat di rumah sakit,” sebut dia lewat telepon seluler, Rabu (24/3/21).

Masih kata dia, bagi pasien yang menjalani perawatan di rumah atau secara mandiri, itu melalui mengajukan dari dokter rumah sakit. “Bukan pengajuan dari keluarga, tapi pengajuan dokter penanggungjawab rumah sakit,” katanya.

Baca juga: Medan Zona Merah, Ribuan Warga Berolahraga di Lapangan Merdeka

Menurut dia, saat ini ada lima kecamatan di Kota Medan yang tertinggi kasus aktif Covid-19. “Itu ada lima kecamatan yang paling banyak, Kecamatan Helvetia, Johor, Sunggal Barat dan Selayang,” akunya. Seperti diketahui, Kota Medan kembali masuk zona merah atau beresiko tinggi dalam penyebaran virus Covid-19.

Penetapan zona merah ini disampaikan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pusat melalui website resminya di laman covid19.go.id/peta-risiko, berdasarkan hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah per tanggal 21 Maret 2021.

Dalam website itu, Kota Medan merupakan daerah satu-satunya di Provinsi Sumatera Utara yang zona merah. Untuk kabupaten/kota yang zona orange ditetapkan sebanyak 11 daerah yakni, Tanjung Balai, Tebing Tinggi, Deliserdang, Toba Samosir, Tapanuli Tengah, Sibolga, Batubara, Gunung Sitoli, Binjai, Labuhan Batu Utara, Karo dan Tapanuli Selatan.

Kemudian daerah yang zona kuning terdapat 17 kabupaten/kota, terdiri dari Pakpak Bharat, Samosir, Dairi, Padang Lawas Utara, Nias, Labuhan Batu Selatan, Serdang Bedagai, Padang Lawas, Labuhan Batu, Madina, Padangsidimpuan, Simalungun, Humbahas, Tapanuli Utara, Langkat, Asahan dan Pematang Siantar. Terakhir pada zona hijau hanya terdapat tiga Kabupaten saja, yaitu Nias Barat, Nias Utara dan Nias Selatan. (saut/hm09)

Related Articles

Latest Articles