15.4 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Sungai Sibitara Toba Dinormalisasi Balai Wilayah Sungai Sumut II

Toba, MISTAR.ID

Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Sumber Daya Air melalui Balai Wilayah Sungai Sumut II (BWS Sumut II), melakukan perawatan dan pemeliharaan untuk menormalisasi debit air di Sungai Sibitara yang terletak di Desa Lumban Gaol Kecamatan Balige Kabupaten Toba.

Normalisasi yang dilakukan, berupa pembabatan rumput di area badan dan bibir sungai Sibitara dari hulu hingga ke muara sepanjang 1.700 meter. “Pembabatan sudah dimulai sejak 3 hari lalu dan akan selesai sekira 3 hari lagi,” ujar Luhut Simamora selaku koordinator petugas pembabatan rumput kepada Mistar Rabu (24/3/21).

Baca juga: Pemko dan BWS Sumatera II Siap Berkolaborasi Atasi Banjir di Medan

Dikatakannya, pekerjaan pemeliharaan sungai melalui pembabatan rumput di sepanjang Sungai Sibitara akan dilakukan rutin secara bertahap yakni 3 kali dalam setahun dan kali ini adalah tahap pertama di tahun 2021. Amatan Mistar, Sungai Sibitara merupakan objek sumber aliran air yang sangat vital untuk mengairi seratusan hektar areal pertanian di Desa Lumban Gaol itu.

Dame Tambunan salah seorang warga, mengapresiasi pemeliharaan sungai yang dilakukan BWS Sumut II, dia berharap dengan pemeliharaan yang rutin akan menyeimbangkan pasokan aliran debit air ke seluruh irigasi diareal pertanian, guna mendukung proses pengolahan lahan, terlebih saat ini tahap pengolahan lahan.(james/hm09)

Related Articles

Latest Articles