13.2 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Medan Diguyur Hujan Pagi Hari, BMKG Perkirakan Terjadi 2 Hari Kedepan

Medan, MISTAR.ID

Kota Medan dan sekitarnya secara merata dilanda hujan dengan intensitas ringan sejak pagi hingga siang hari, pada Jumat (14/7/23). Hal itu diperkirakan akan terjadi hingga 2 hari kedepan.

Sebagaimana disebutkan Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  Wilayah I Kota Medan, Defri Mandoza, saat dikonfirmasi mistar.id melalui telepon seluler.

“Pagi hari ini wilayah Kota Medan dan beberapa wilayah sekitar pantai timur seperti Serdang Bedagai (Sergai), Batu Bara, Deli Serdang maupun Asahan, berawan tebal (mendung) dan hujan ringan sedang. Diperkirakan dalam 1-2 hari kedepan seperti ini,” sebutnya, Jumat (14/7/23).

Baca juga: Cuaca Esktrem, BMKG Ingatkan Warga Waspadai Hujan

Defri menjelaskan, penyebab kondisi cuaca itu terjadi salah satunya karena adanya gangguan fenomena Madden Julian Oscillation (MJO).

“Pertama, hal ini disebabkan secara global terdapat gangguan fenomena MJO. Secara spasial terpantau aktif di wilayah Samudera Hindia barat Sumatera Utara, Hal ini berpeluang menumbuhkan awan hujan di wilayah-wilayah Sumatera Utara,” katanya.

Disebutkan, penyebab kedua, yaitu dikarenakan gelombang kelvin yang mengalir ke arah timur terpantau melewati Sumut. Hal itu kata Defri, dapat meningkatkan aktivitas konvektif serta pembentukan pola sirkulasi siklonik di wilayah Sumut.

Baca juga: Info BMKG Medan, Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang dan Guntur di Daerah Ini

“(Penyebab) ketiga, terdapat belokan dan pertemuan angin di wilayah Sumut yang memicu pertumbuhan awan hujan,” jelasnya.

Selain itu, dilanjutkan Defri, cuaca itu disebabkan kondisi lapisan atmosfer bumi yang cukup labil dan cukup jenuh.

“Keempat, kondisi lapisan atmosfer cukup labil dan cukup jenuh. Hal ini berdasarkan data lapisan udara atas yang menunjukkan kelembaban udara dari lapisan 450–850 milibar lebih dari 80 persen,” tandasnya. (deddy/hm16)

Related Articles

Latest Articles