13.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Lebih Efisien dan Efektif, Masyarakat Kini Mengurus Adminduk Serta Perizinan ke MPP

Medan, MISTAR.ID

Sejak diresmikan Wali Kota Medan Bobby Nasution pada 25 Januari sampai dengan 20 Februari 2024, Mal Pelayanan Publik (MPP) telah memberikan layanan perizinan maupun non perizinan kepada 2.315 warga. Hal itu membuktikan antusias masyarakat dalam memanfaatkan pelayanan MPP.

“Sampai saat ini gerai yang paling banyak peminatnya Disdukcapil Medan dengan 1.118 warga. BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 411 warga, BPJS Kesehatan 163 warga, Samsat 80 warga, dan Polrestabes Medan 71 warga,” ucap Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Nurbaiti Harahap saat menjadi tamu podcast yang dihelat Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, kemarin.

Nurbaiti mengungkapkan, adapun alasan masyarakat banyak mengurus ke MPP lantaran semuanya kini tersedia di sana.

“Seperti saat kehilangan KTP, biasanya masyarakat kan harus mengadu dulu ke kantor polisi baru ke lurah dan Disdukcapil. Tapi sekarang di MPP semua pelayanan itu ada, termasuk Polrestabes Medan,” ungkapnya.

Menurut Nurbaity, efisiensi dan efektivitas dalam pengurusan ini yang membuat membuat masyarakat antusias memanfaatkan MPP Kota Medan itu. Selain itu, faktor lokasi MPP juga memengaruhi banyaknya kunjungan masyarakat.

Baca juga: Sangat Membantu Masyarakat, DPRD Medan Dorong Disdukcapil Gencarkan Program Layanan Keliling

“Lokasi MPP sangat strategis, di tengah kota dengan luasan wilayah dan besaran gedungnya sangat mendukung. Ada pula parkirnya di basement dan dilintasi angkutan umum dari segala penjuru Kota Medan, termasuk bus listrik,” sebutnya.

Kedepannya, sambung Nurbaiti, pihaknya akan terus mengembangkan MPP ini menjadi lebih baik, termasuk menghadirkan MPP Digital atau MPP virtual agar masyarakat yang tidak sempat datang ke MPP tetap bisa mendapatkan pelayanan secara virtual.

“Nantinya kita akan menghadirkan layanan antara lain BNN, BPOM, Kejatisu, Kajari Medan dan Kejari Belawan. Kemenag juga akan ikut mengisi MPP ini dengan layanan balai nikah dan pengurusan haji. Kami berharap MPP bisa menjadi tempat bagi masyarakat untuk memperoleh layanan dengan cepat dan nyaman sekaligus mendapatkan asupan literasi,” tandasnya. (rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles