12.3 C
New York
Friday, April 19, 2024

Operasi Keselamatan Diundur Hingga 12 Maret 2024

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Operasi Keselamatan 2024 yang digelar Polri secara serentak di Seluruh Indonesia harus tertunda untuk wilayah hukum Sumatra Utara (Sumut), termasuk Kota Pematangsiantar.

Operasi yang seyogianya dilaksanakan pada 4 Maret 2024 sampai 17 Maret 2024, untuk Pematangsiantar akan dimulai pada 12 Maret 2024 hingga 12 hari ke depan.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno membenarkan penundaan tersebut. Kapolres mengatakan pengunduran waktu dilakukan karena adanya event besar F1 Power Boat di Danau Toba.

“Untuk Polda Sumut memang ditunda, mengingat adanya event F1 Powerboat di Danau Toba,” ucap Yogen, Selasa (5/3/24).

Baca juga: Mengenal Sekilas Sepak Terjang AKBP Yogen Heroes Baruno, Kapolres Siantar yang Baru

Adapun sasaran operasi keselamatan yang akan mulai digelar pada 12 Maret mendatang, antara lain pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara yang belum memiliki SIM atau dibawah umur, pengendara yang melebihi kapasitas penumpang atau berboncengan lebih dari satu orang.

Selanjutnya, pengendara yang tidak menggunakan helm bagi pemotor, dan saftybelt bagi pengguna mobil, pengendara yang melawan arus, pengendara yang masih dalam pengaruh alkohol, dan melebihih batas kecepatan maksimal.

Kemudian pelanggaran kendaraan yang over dimensi dan overload atau kelebihan muatan. Pengguna knalpot yang tidak standar atau knalpot racing, pengendara yang menggunakan lampu strobo dan sirene yang tidak sesuai ketentuan, dan yang terakhir kendaraan yang menggunakan plat nomor khusus atau rahasia.

Dalam operasi keselamatan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan pengguna jalan, dan keselamatan berlalulintas untuk Indonesia Maju. (Roland/hm20)

Related Articles

Latest Articles