16 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Kuat Ma’ruf Bukan Sopir Biasa, Siapa Dia ?

Jakarta, MISTAR.ID

Kuat Ma’ruf, tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), memiliki banyak peran penting dalam keluarga Ferdi Sambo khususnya terlihat dalam perannya dalam kasus ini. Ancaman yang ia lakukan terhadap korban, serta keleluasaan yang ia miliki di rumah tersebut. Hingga banyak menimbulkan tanda tanya, siapa sebenarnya Kuat Ma’ruf.

Kuat Ma’ruf bukanlah sopir biasa. Kuat menjadi sosok yang melakukan ancaman terhadap Yosua saat di Magelang, Jawa Tengah.

Kuat Ma’ruf merupakan sopir Ferdy Sambo. Kuat juga sudah lama menjadi asisten rumah tangga (ART) di keluarga Sambo. Dia dipercaya keluarga Sambo tak hanya dalam mengemudikan mobil. Bahkan informasi dari Kuat juga dipercayai Sambo.

Baca juga:Ini Sosok Kuat Ma’ruf, Tersangka Sipil Dalam Kasus Pembunuhan Brigadir J

Meski berstatus warga sipil, Kuat diberi kekuasaan lebih, bahkan di atas ajudan Ferdy Sambo yang merupakan anggota Polri. Hal-hal tak biasa yang dimiliki Kuat itu diduga karena pria tersebut sudah lama menjadi bagian dari keluarga Sambo.

Dalam rekonstruksi pembunuhan Brigadir J pada Selasa (30/8) kemarin, terungkap Kuat sempat menyerahkan pisau ajudan Sambo. Adegan penyerahan pisau itu terjadi saat rekonstruksi memasuki adegan ke-74. Tampak saat itu, Kuat berdiri di samping seseorang yang mewakili ajudan Ferdy Sambo.

Kuat memperagakan menyerahkan pisau dan HT ke ajudan tersebut. Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian lantas menjelaskan terkait pisau yang dipegang KM tersebut. Dia mengatakan pisau itu memang dibawa oleh Kuat dari Magelang.

“Itu pisau yang dibawa oleh saudara Kuat dari Magelang,” kata Andi Rian saat menjelaskan kepada wartawan sesuai rekonstruksi.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto turut memberi penjelasan soal pisau yang sempat diserahkan Kuat kepada salah satu ajudan Irjen Ferdy Sambo saat rekonstruksi. Agus mengatakan pisau itu dipakai Kuat untuk mengancam Brigadir J.

Baca juga:Putri Candrawathi Dicegah ke Luar Negeri

“Kan sudah banyak beredar info keterangan pacar almarhum J yang menyatakan diancam ‘skuad-skuad lama’, si Kuat orang lama bawa pisau,” kata Agus kepada wartawan, Rabu (31/8/22).

Agus menyebut pisau itu digunakan Kuat untuk mengancam Brigadir J agar tidak naik ke lantai atas rumah Ferdy Sambo di Magelang.

Agus menyebut hal itu diketahui berdasarkan keterangan pacar Yosua dan dikuatkan keterangan saksi lainnya. Pacar Yosua menyebut Yosua kerap diancam oleh ‘skuad lama’ yang ternyata adalah Kuat Ma’ruf.

“Mengancam kalau almarhum J naik ke atas. Seperti itu kan cerita almarhum kepada pacarnya, dikuatkan keterangan saksi,” kata Agus. (cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles