6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Kemenko Polhukam Koordinasikan Program Pembinaan Napi Terorisme ke Lapas Medan

Medan, MISTAR.ID

Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) melalui Kedeputian Bidang Koordinator Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Medan.

Kunjungan tersebut dalam rangka mengkoordinasikan terkait program pembinaan terhadap narapidana (napi) terorisme yang ada di Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan.

Brigjen Rudy Syamsir selaku Asisten Deputi Koordinasi HAM mengatakan kegiatan tersebut untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) No. 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah Pada Terorisme Tahun 2020–2024.

Baca juga: Warga Binaan Antusias Gunakan Hak Pilihnya di Lapas Medan

“Serta, menindaklanjuti Peraturan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) No. 5 Tahun 2021 tentang Tata Cara Koordinasi, Pemantauan, Evaluasi, dan Pelaporan Pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah Pada Terorisme Tahun 2020–2024,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Mistar, Kamis (7/3/2024).

Sementara itu, Kepala Lapas Medan, Maju Amintas Siburian, menuturkan bahwa Lapas Medan sangat siap dalam melakukan koordinasi program pembinaan napi terorisme yang ada di Lapas Medan.

“Lapas Medan juga bakal siap membantu terkait hal-hal yang dibutuhkan, seperti pelaporan maupun data. Kemudian, begitu juga dengan program deradikalisasi, kami siap melakukan pembinaan terhadap warga binaan terorisme,” tuturnya. (deddy/hm17)

Related Articles

Latest Articles