19 C
New York
Saturday, May 18, 2024

849 WBP Lapas Siantar Terima Remisi Idul Fitri 2024

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sedikitnya 849 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Pematangsiantar mendapatkan remisi khusus Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024. Pemberian remisi merupakan salah satu hak warga binaan yang berkelakuan baik.

Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar, M Pithra Jaya Saragih dalam keterangannya mengatakan jumlah warga binaan yang beragama Islam sebanyak 888 orang, dan yang memenuhi syarat dalam pengusulan remisi sebanyak 849 orang.

“Pemerintah memberikan apresiasi bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan serta telah memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam perundang-undangan yang berlaku,” sebutnya melalui pesan singkat, Kamis (11/4/2024).

Pithra bilang, warga binaan yang berkelakuan baik di antaranya tidak melanggar tata tertib dibuktikan dengan tidak tercantum dalam register F, mengikuti kegiatan rutin ibadah masing-masing agama, mengikuti kegiatan olahraga, mengikuti kegiatan upacara Hari Besar Nasional.

Baca juga: Usai Shalat, 489 Napi di Lapas Siborongborong Terima Remisi Idul Fitri

“Juga mengikuti penyuluhan hukum dan kesehatan, mengikuti kegiatan bimbingan kerja dan pelatihan kemandirian,” katanya.

Program pelatihan kemandirian unggulan itu sendiri, seperti perikanan, perkebunan, mebel, tenun, bakery dan sebagainya.

“Ini merupakan salah satu wujud bahwa Lapas Kelas IIA Pematangsiantar siap untuk mewujudkan tujuan pemasyarakatan dalam menyiapkan warga binaan agar dapat kembali ke tengah masyarakat dan tidak mengulangi lagi perbuatannya,” kata Pithra. (jonatan/hm17)

Related Articles

Latest Articles