20.5 C
New York
Tuesday, June 25, 2024

Jemaah Calhaj Kloter 23 Berangkat Menuju Tanah Suci

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 359 orang jemaah calon haji (calhaj) kelompok terbang (kloter) 23 yang tergabung dari Kota Medan 130 orang, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) 219 orang, Kabupaten Padangsidimpuan 2 orang dan 8 orang petugas berangkat menuju Tanah Suci, Jumat (7/6/24).

Kakanwil Kemenag Sumut, Ahmad Qosbi Nasution dan Bupati Tapsel Dolly Pasaribu yang melepas keberangkatan jemaah calhaj kloter 23 di Aula Madinatul Hujjaj, Asrama Haji Medan mendoakan semoga Allah memberikan kemudahan selama menjalankan ibadah Haji.

“Diharapkan jemaah patuh terhadap aturan dan tolong menolong atau bantu membantu bagi sesama,” sebutnya.

Qosbi juga mengatakan selama 40 hari meninggalkan Tanah Air, diminta agar perbanyak istighfar, minta ampun kepada Allah dan minta apa yang diminta. “Atas nama pemerintah dan masyarakat mendoakan Bapak Ibu sehat walafiat, sukses dalam menjalankan ibadah haji menjadi haji yang mabrur dan maburah,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Edimin Lepas Keberangkatan 294 Jemaah Calon Haji Labusel

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu merasa bangga keberangkatan jemaah haji kloter 23 dan mendoakan sehat sampai ke tanah suci dan sehat pulang kembali ke tanah air dengan meraih predikat haji mabrur dan marburah.

Dia juga meminta agar patuh dan taat semua aturan yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi. Kepatuhan tersebut selain untuk kebutuhan bagi jemaah melaksanakan segala amalan ibadah haji, juga untuk menjaga harkat dan martabat tanah air Indonesia.

Sekretaris PPIH embarkasi Medan Zulfan Efendi menyampaikan, dari kloter 23 ini ada satu jemaah haji asal Tapsel bernama Siti Hawa Lubis Binti Darun Lubis meninggal sebelum masuk asrama haji.

“Satu orang tunda berangkat karena sakit dan satu orang pendamping dan dua orang mengisi seat asal kloter 20,” tukasnya. (anita/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles