24.6 C
New York
Friday, June 28, 2024

DPRD Medan Dorong Pemko Segera Operasionalkan Rumah Perlindungan Sosial

Medan, MISTAR.ID

Sekretaris Komisi II DPRD Medan, Wong Chun Sen mendorong Pemko Medan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk segera mengoperasionalkan Rumah Perlindungan Sosial (RPS) yang telah selesai dibangun.

Sebab, RPS tersebut nantinya akan sangat berguna untuk menampung para gelandangan dan pengemis (gepeng) yang hampir ditemukan di setiap sudut Kota Medan. “Kita akan mendorong agar Rumah Perlindungan Sosial itu segera dioperasionalkan. Justru ini memang sudah kita tunggu, kenapa harus ditunda-tunda lagi,” ucap Wong saat diwawancarai Mistar, Jumat (7/6/24).

Wong mengaku heran kenapa Pemko Medan sampai saat ini tidak juga mengoperasionalkan Rumah Perlindungan Sosial tersebut. Padahal, pembangunan sudah selesai sejak Februari 2024 lalu.

“Sudah empat bulan berlalu, apa masalahnya gak dioperasionalkan. Kalau untuk kepentingan rakyat jangan ditunda-tunda. Kalau memang belum diserahterimakan, segera lakukan,” tegasnya.

Baca Juga : Rumah Perlindungan Sosial akan Secepatnya Diserahkan ke Dinsos Medan

Wong menyebut hadirnya Rumah Perlidnyngan Sosial sedikit banyaknya akan menjadi solusi untuk mengurangi kehadiran gepeng di Kota Medan.

“Kita (Kota Medan) kota terbesar ketiga di Indonesia. Keberadaan para gepeng di setiap persimpangan jalan jelas akan membuat buruk wajah Kota Medan. Makanya Rumah Perlindungan Sosial ini agar segera operasionalkan. Karena selama ini kan Pemko kesulitan menangani permasalahan gepeng karena tak punya tempat penampungan,” ucap politisi PDIP tersebut.

Terhadap gepeng di Kota Medan, Wong meminta Pemko Medan agar memfasilitasi mereka untuk pulang ke daerah asalnya.

“Rumah Perlindungan Sosial itu juga ada kapasitas penampungannya, harapan kita yang ditampung itu yang utamanya warga Kota Medan. Jadi bagi yang bukan warga Kota Medan, kita harap dipulangkan ke daerah asalnya,” pungkasnya. (rahmad/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles