17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Jelang Nataru, Disperindag Sumut: Jangan Menimbun, Stok Aman

Medan, MISTAR.ID

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara (Sumut), Barita Sihite mengatakan, harga dan stok kebutuhan pokok dipastikan stabil menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Dari pantauan kami di enam pasar yang ada di Kota Medan sejumlah kebutuhan pokok masih relatif stabil dan normal. Sementara pasokan dan permintaan konsumen juga masih seimbang,” katanya kepada wartawan, Rabu (2/12/20).

Seperti minyak kemasan di Simpang Limun, Palapa, Pusat Pasar, Suka Ramai, Sei Kambing dan Petisah berada di kisaran Rp14 ribu hingga Rp15 ribu per liter. Sementara minyak curah Rp10 ribu hingga Rp13 ribu per kilogram (kg). Gula putih Rp12.500 per kg. Daging ayam Rp25.500 per kg. “Masih normal, belum ada terjadi gejolak harga,” ujarnya.

Baca Juga:Stok Beras Aman Hingga Awal Tahun 2021

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gejolak harga, pihaknya akan berkoordinasi dengan distributor dan pihak-pihak terkait. Sehingga harga tetap bisa dikendalikan. Dia menekankan dan mengimbau masyarakat untuk tidak panik serta tidak melakukan aksi borong. Sebab untuk ketersediaan bahan kebutuhan pokok stoknya cukup.

Untuk memantau harga ini, tim dari Kementerian Perdagangan juga turun ke Medan guna melihat ketersediaan pasokan dan harga. “Harapan kita nanti kebutuhan pokok ini tetap normal,” pungkasnya. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles