12.9 C
New York
Monday, October 21, 2024

Jawab Keluhan Warga, Pemko Medan Benahi Tanggul Jebol di Nelayan Indah

Medan, MISTAR.ID

Menindaklanjuti video viral mengenai robohnya tanggul penahan banjir Rob di Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Pemko Medan melalui OPD terkait bergerak cepat melakukan perbaikan di lokasi.

Saat ini, sejumlah alat berat seperti excavator pun sudah diturunkan ke lokasi guna mengebut pengerjan dan mengantisipasi rumah warga terdampak akibat banjir Rob.

“Begitu video itu viral, malam nya langsung kita turunkan anggota kesana bersama beberapa alat berat. Saat ini pengerjaan juga masih berlangsung,” kata Plh Kadis SDABMBK Kota Medan, Gibson Panjaitan saat dikonfirmasi Mistar, Senin (21/10/24).

Baca juga:200 Paket Sembako Disalurkan ke Korban Banjir Rob di Belawan

Gibson menargetkan, pengerjaan yang dilakukan dapat selesai tepat waktu.

“Progresnya terus berjalan. Penahan banjir Rob itu memang sering jebol. Itu dikarenakan tingginya air pasang yang menyebabkan penahan menjadi terkikis. Meski begitu, kita selalu lakukan pemantauan dan perbaikan,” ujarnya.

Dijelaskannya, adapun penahan banjir Rob di lokasi berupa timbunan tanah yang tebal.

“Jadi dia bukan tembok, hanya gumpalan tanah yang banyak dan tinggi untuk menahan air ketika pasang. Jadi seperti yang kita buat di beberapa pinggir aliran sungai untuk mengatasi banjir,” jelasnya.

Baca juga:Saat Banjir Rob Melanda Medan Belawan, Antar Warga Tawuran

Saat disinggung apakah penahan itu efektif untuk menahan air pasang, Gibson mengaku bahwa cara itu memang selalu yang diterapkan pihaknya dalam mengatasi banjir Rob.

“Sebenarnya efektif, hanya saja karena faktor cuaca serta lingkungan, penahan itu jadi rusak dan jebol. Selama ini kita bisa sama-sama lihat bahwa banjir Rob bisa diatasi selama ada penahannya. Mungkin kali ini akan lebih kita kuatkan lagi penahannya,” tandasnya. (rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles