9.8 C
New York
Friday, April 26, 2024

Jalur SNBP 2024, USU Tempati Keempat Pendaftar Terbanyak Se-Indonesia

Medan, MISTAR.ID

Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi peringkat ke-4 sebagai kampus dengan pendaftar atau peminat terbanyak pada jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) tahun 2024 se-Indonesia.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diperoleh mistar.id, Jumat (29/3/24), salah satu kampus terbaik di Indonesia ini tercatat memiliki pendaftar sebanyak 31.351 orang. Di mana pada tahun sebelumnya, ada sebanyak 21.116 orang dengan USU menempati posisi 7.

Wakil Rektor I USU, Dr Edy Ikhsan di Medan, mengatakan hal ini berdasarkan dari pengumuman hasil SNBP tahun 2024 telah dikeluarkan oleh Tim Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN 2024 Kemendikbud Ristek.

“Dari 31.351 orang yang mendaftarkan dirinya melalui jalur SNBP tahun 2024, hanya 2.244 orang pendaftar yang dinyatakan lulus masuk USU,” katanya.

Baca juga: UINSU Peringkat 9 Nasional untuk Pendaftar SPAN-PTKIN Terbanyak 2024

Selain itu, jumlah mahasiswa baru USU yang diterima melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah) untuk jalur SNBP tahun 2024 ada sebanyak 741 orang, atau sekitar 33 persen lebih dari total mahasiswa yang diterima pada jalur tersebut.

“Kalau tahun lalu, USU hanya menerima 709 orang mahasiswa baru dari jalur KIP Kuliah atau 30 persen dari total mahasiswa yang diterima saat itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU Amalia Meutia menyampaikan agar mahasiswa baru yang lulus jalur SNBP ini melakukan registrasi ulang dan memperhatikan beberapa poin penting.

“Untuk registrasi ulang untuk pengisian data pokok dan unggah berkas mahasiswa baru dapat dilakukan secara online melalui website https://registrasi.usu.ac.id mulai tanggal 28 Maret sampai dengan 5 April 2024,” ujarnya.

Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru PTN Jalur SNBP Ditutup 28 Februari 2023

Selanjutnya untuk pengisian data kelengkapan UKT dapat dilakukan setelah pengisian data pokok registrasi difinalisasi oleh calon mahasiswa baru.

“Sementara untuk Pengisian data UKT dan unggah berkas kelengkapan UKT dapat dilakukan melalui website https://uktdatareg.usu.ac.id pada tanggal di atas,” tuturnya. (Dinda/hm20)

Related Articles

Latest Articles