7.4 C
New York
Thursday, April 25, 2024

UINSU Peringkat 9 Nasional untuk Pendaftar SPAN-PTKIN Terbanyak 2024

Medan, MISTAR.ID

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) kini memasuki 10 (top ten) dengan peringkat ke-9 secara Nasional dalam hal pendaftar terbanyak jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) Kementerian Agama (Kemenag) RI 2024.

Dalam laporannya, melalui website resmi UINSU, Jumat (29/3/24), Sub Koordinator Humas dan Informasi UINSU, Yunni Salma menyampaikan bahwa hal ini dibuktikan berdasarkan rekapitulasi data peminat SPAN-PTKIN tertanggal 20 Maret 2023 lalu.

“Untuk jalur SPAN-PTKIN ini UINSU meraih pendaftar sebanyak 9.856 orang. Dengan spesifik pendaftar dengan pilihan pertama sebanyak 5.656 orang dan pilihan kedua sebanyak 4.200 orang. Dari jalur ini tersedia pilihan sebanyak 31 program studi jenjang strata satu (S-1),” ucapnya.

Baca juga: BI Sumut dan FEBI UINSU Gaungkan Produk Halal

Namun perlu diketahui, untuk daya tampung pada jalur ini hanya diambil 1.734 calon mahasiswa baru yang akan tersebar di 31 satu program studi.

“Maka, dari jumlah pendaftar tersebut yang diambil hanya 17-18 persen saja,” ucapnya.

Selain itu, Rektor UINSU Medan, Prof. Nurhayati menyampaikan, jalur SPAN PTKIN ini berada di bawah naungan Kemenag.

“Ini merupakan satu dari lima jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) di UINSU Medan. Empat jalur lainnya ialah Ujian Masuk (UM) PTKIN, kemudian ada juga SNBP dan SNBT yang dinaungi Kemendikbud Ristek RI dan kelima jalur seleksi mandiri,” ucapnya. (Dinda/hm20)

Related Articles

Latest Articles