6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Iriana Jokowi dan Wury Ma’ruf Amin Hadiri HUT Dekranas dan HKG PKK di Medan, Polda Sumut dan Forkopimda Gelar Pasukan

Medan, MISTAR.ID

Polda Sumatera Utara bersama unsur Forkopimda Sumatera Utara melakukan apel gelar pasukan pengamanan HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-43 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 serta pengamanan VVIP kunjungan ibu negara Iriana Jokowi dan istri Wapres RI Wury Maruf Amin di Wilayah Provinsi Sumatera Utara. Apel gelar pasukan itu dilaksanakan di Lapangan Lanud Soewondo, Senin (15/5/23).

Selaku pimpinan apel gelar pasukan, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengatakan, tahun ini Kota Medan dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan HUT Dekranas ke-43 dan puncak peringatan HKG PKK ke-51.

“Kegiatan ini akan dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Jokowi didampingi ibu Wakil Presiden dan para tamu VVIP lainnya,” kata dia.

Untuk itu, sebut dia, seluruh stakeholder Provinsi Sumut harus membangun sinergi dan kerja sama demi mendukung serta mensukseskan penyelenggaraan kegiatan ini.

Baca juga: Jokowi-Iriana Sedot Perhatian Penonton di Konser Dewa 19 di Medan

“Salah satunya untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif karena tanpa situasi yang aman dan kondusif, kegiatan apapun tidak dapat berjalan dengan lancar,” terangnya.

Untuk memastikan terselenggaranya dua kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 16-21 Mei 2023 itu, sambung dia, Polda Sumut melakukan pengamanan.

“Dilaksanakan oleh Satuan tugas daerah (Satgasda) dan Satgaswil dengan mengedepankan kegiatan preventif yang didukung kegiatan intelijen dan penegakkan hukum dengan dibantu komponen masyarakat lainnya,” kata Wagub.

Baca juga: Jalin Sinergitas Hadapi Tahun Politik, Polsek Pangururan Apel Gabungan dengan Personel Koramil

“Dengan menempatkan personel gabungan pada objek-objek pengamanan dan Kamseltibcar Lantas, dengan sasaran berupa orang, benda dan tempat maupun kegiatan,” ucapnya.

Menurut dia, pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai kegiatan pengamanan rutin biasa yang dapat menjadikan cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat.

“Perlu untuk melakukan mapping kerawanan, kemudian mengolah informasi untuk memprediksi gangguan Kamtibmas yang membutuhkan langkah-langkah antisipasi secara cepat,” jelas dia.

Baca juga: Dukung Tabitha di Ajang Putri Indonesia 2023, Wagub Musa Rajekshah Berpesan Promosikan Wisata Sumut

Ia berharap Satgasda dan Satgaswil agar mampu menentukan langkah antisipasi secara proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing.

“Karena ketika operasi ini berhasil akan berdampak pada kesan dan citra positif bagi provinsi Sumut khususnya Kota Medan,” tutup Wagub yang sering disapa Ijeck.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan itu Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Daniel A Chardin dan pimpinan Forkopimda Sumut lainnya. (Saut/hm21).

Related Articles

Latest Articles