16 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Info BMKG Medan, Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang dan Guntur di Daerah Ini

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan sedang hingga deras yang dapat disertai guntur dan angin kencang.

“Potensi itu diperkirakan terjadi di wilayah lereng timur, pegunungan, lereng barat, dan pantai barat pada sore hingga malam hari,” ujar Prakirawan BMKG wilayah I Medan, Budi Prasetyo, pada Senin (3/7/23).

Budi mengatakan, kondisi ini diperkirakan akan terjadi hingga 2 hari kedepan. Dia mengingatkan, masyarakat yang tinggal di daerah tersebut untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan seperti banjir dan tanah longsor.

Baca juga: BMKG Medan : Waspada Hujan Lebat di Wilayah Pegunungan Sumut

“Diminta kepada warga untuk selalu waspada,” katanya.

Budi menyebutkan, malam nanti hujan sedang hingga deras berpotensi terjadi di Mandailing Natal (Madina), Tapanuli Tengah (Tapteng), Sibolga, Tapanuli Selatan (Tapsel), Toba, Padangsidimpuan, Humbang Hasundutan (Humbahas), Dairi, Pakpak Bharat, Karo, Deli Serdang, Langkat dan Simalungun.

“Dini hari nanti seluruh wilayah di Sumut akan berawan,” ucap Budi.

Baca juga: BMKG Medan: Waspadai Hujan Deras Disertai Petir dan Angin Kencang di Wilayah Ini

Dikatakan Budi, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 16.0-33.0 derajat celcius. Sementara kelembaban udara 65-95 persen dan angin yang bertiup dari tenggara ke barat daya berkekuatan 10-30 km/jam.

“Ada 2 titik panas (hotspot) yang terdeteksi hari ini, masing-masing di Tapsel dan Karo,” pungkasnya. (ial/hm16)

Related Articles

Latest Articles