28.7 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Hujan Ringan di Lereng Timur, Berikut Ulasan BMKG Kondisi Cuaca di Sumut Hari Ini

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan merilis prakiraan cuaca Sumatera Utara, Minggu (23/5/21).

Plt Kepala BMKG wilayah I Medan Eridawati, melalui prakirawannya Utami Al Khairiyah mengatakan, pagi hari kondisi cerah berawan hampir di seluruh wilayah Sumatera Utara.

“Siang hari hujan ringan berpotensi terjadi di sebagian wilayah lereng timur dan pegunungan Sumatera Utara,” ujarnya.

Baca Juga: BBMKG Catat 184 Kali Gempa Dangkal Terjadi di Samosir

Siang hari, kata Utami, BMKG memprediksi hujan ringan masih terus terjadi di lereng timur dan pengunungan. Hujan ringan hingga sedang kemudian berpotensi terjadi di wilayah sebagian pantai timur, lereng timur, pantai barat dan pegunungan Sumatera Utara.

“Kalau dinihari nanti seluruh wilayah di Sumatera Utara cenderung berawan,” ungkapnya.

Utami menjelaskan, untuk suhu udara di Sumatera Utara hari ini berada pada 24.0 – 31.0⁰ C. Sementara kelembaban udara 60 – 95% dan angin yang bertiup dari Barat Daya – Barat Laut kecepatannya berkisar 5 – 30 km/jam.

Baca Juga: BMKG: Hujan Lebat Disertai Petir Terjadi di Sejumlah Daerah Indonesia

BMKG juga memprediksi prakiraan gelombang laut masih dalam kategori sedang (1.25 – 2.5 meter). Itu mencakup untuk perairan Utara Sabang, Selat Malaka bagian Utara, Perairan Sabang – Banda Aceh, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh dan Samudera Hindia Barat Nias.

“Kalau untuk titik panas (hotspot) tidak ada terpantau hari ini,” pungkasnya.(ial/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles