10.5 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Malam Pergantian Tahun, Medan Diprediksi Diguyur Hujan Ringan

Medan, MISTAR.ID

Meski puncak musim dingin sudah terjadi pada bulan November 2023 kemarin, intensitas hujan masih cukup tinggi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya Kota Medan.

Dalam seminggu belakangan, hujan dengan intensitas ringan hingga deras terus mengguyur Kota Medan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan dengan intensitas ringan akan turun di Kota Medan saat malam pergantian tahun, atau tepatnya 1 Januari 2024 nanti.

Baca juga:Medan Pagi Hari Berawan, Siang Hingga Malam Berpotensi Hujan Ringan

“Tahun baru nantikan pukul 00.00 WIB, kita memprediksi akan turun hujan dengan intensitas ringan,” kata Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Utami Al Khairiyah saat dikonfirmasi mistar.id, pada Sabtu (30/12/23).

Dijelaskan Utami, pada dini hari dan pagi hari sebagian besar wilayah di Sumut dalam kondisi berawan.

“Namun siang sampai sore hari beberapa wilayah diguyur hujan. Hujan deras diprediksi terjadi di Langkat, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan (Humbahas), Tapanuli Tengah (Tapteng), Sibolga, Tapanuli Selatan (Tapsel), Padang Lawas Utara (Paluta), Labuhanbatu Selatan (Labusel), Mandailing Natal (Madina), Nias Selatan (Nisel), Tapanuli Utara (Taput), Binjai dan sekitarnya,” jelas Utami.

Baca juga:Kota Medan Diperkirakan Hujan Ringan Hingga Malam Hari

Dia menyebut, hujan deras akan meluas ke wilayah Padang Sidempuan, Samosir, Toba, Padang Lawas (Palas) dan sekitarnya pada malam hari.

“Untuk suhu 16-32.0 °C, kelembapan udara 60-95% dengan angin berhembus dari arah Timur Laut menuju Tenggara dengan kecepatan 10-30 km/jam. Kami imbau masyarakat di sebagian Pesisir Barat, Lereng Barat, Lereng Timur dan Pegunungan Sumut agar mewaspadai bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor,” pungkas Utami. (rahmad/hm16)

Related Articles

Latest Articles