9.6 C
New York
Monday, May 13, 2024

Harga Bahan Pangan Kembali Bergerak Naik di Medan

Medan, MISTAR.ID

Pantauan dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategi (PIHPS) di Kota Medan menunjukkan sejumlah harga bahan pangan kembali naik.

Seperti harga beras sejak akhir pekan lalu untuk harga beras medium rata-rata naik Rp500 per kilonya. Harga beras medium di Kota Medan ditransaksikan dalam rentang Rp13.000 hingga Rp14.000 per kilonya. Dan untuk harga beras premium, salah satu jenisnya mengalami kenaikan rata-rata Rp200 rupiah per kg sejak akhir pekan lalu.

Selain harga beras, ada harga daging ayam yang pada awal pekan ini kembali naik mencapai Rp30.000 per kg nya. Harga daging ayam mulai bertahap naik sejak akhir pekan lalu yang sudah di harga Rp26.000 per kg nya.

Baca juga: Curah Hujan Tinggi, Harga Cabai dan Tomat Naik Drastis di Siantar

Menurut amatan dari Tim Ketua Pemantau Pangan Sumut, Gunawan Benjamin bahwa kenaikan ini akan masih berpeluang terjadi hingga Natal dan Tahun Baru.

“Setidaknya dari hasil observasi di lapangan, pasokan daging ayam memang tengah mengalami tekanan yang bisa memicu kenaikan harga. Selanjutnya harga cabai merah mencapai Rp80.000 hal ini kerap terjadi bila awal pekan, sebab petani di hari libur tidaklah ke ladang ditambah dengan intensitas hujan yang tinggi selama hari Minggu, menjadi salah satu pemicu kenaikan harga cabai merah yang cukup signifikan pada hari ini,” jelasnya, Senin (4/12/23).

Diperkirakan, tidak semua harga pangan yang melambung pada hari ini akan bertahan selamanya. Untuk harga cabai masih fluktuatif, namun yang perlu diwaspadai adalah harga beras yang bisa saja secara konsisten naik dan selanjutnya tidak lagi mengalami penurunan.

Baca juga: Harga Cabai, Tomat dan Bawang Turun! Siantar Alami Deflasi di Periode April 2023

“Sementara untuk harga daging ayam diproyeksikan masih akan volatile dengan kemungkinan turun masih terbuka. Namun khusus untuk bulan Desember ini, sejumlah harga kebutuhan pangan akan bertahan mahal. Bahkan daging ayam masih berpeluang untuk mengalami kenaikan hingga Nataru nantinya usai,” jabarnya.

Terpisah, salah satu pedagang di Pasar Simpang Limun mengatakan harga cabai merah memang kerap melonjak di awal pekan. Lantaran stok yang tidak banyak karena petani tidak berladang di hari Minggu.

“Ada memang ini yang harga Rp60.000 tapi kurang segar. Bawang merah pun bertahan seharga Rp30.000 per kg, bawang putih masih sama Rp35.000 per kg. Kalau rawit ada yang Rp65.000 ada yang Rp70.000 per kg. Begitupun besok bisa turun ini harga cabai karena stok mulai tercukupi,” sebut Aat. (Anita/hm17)

Related Articles

Latest Articles